Ikhtiar Meminta Hujan, Polres Kebumen Menggelar Shalat Istisqo


BERITAKEBUMEN.CO.ID - Polres Kebumen menggelar Sholat Istisqo di halaman apel Mapolres sebagai ikhtiar untuk mendatangkan hujan, Jumat (01/11/2019) siang.

Sholat diikuti keluarga besar Polres Kebumen, ASN Polres Kebumen, komunitas Track dan Jack Kebumen serta warga sekitar Polres Kebumen. KH Ashari dari Kemenag Kabupaten Kebumen memimpin jalannya sholat memohon hujan tersebut.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan di sela acara mengungkapkan keprihatinannya atas kemarau panjang yang melanda Kabupaten Kebumen.

Sejumlah wilayah dilaporkan mengalami krisis air. Sumber mata air di beberapa daerah, musim ini tidak memproduksi airnya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Semoga melalui sholat istisqo ini, Kebumen segera diberikan hujan. Hujan yang kami minta adalah hujan yang berkah," kata Kapolres didampingi pejabat utama dan jamaah sholat, Jumat (01/11).

Meski dibawah cuaca yang cukup terik, sholat yang digelar selepas sholat jumat berlangsung khusyuk.

Sholat Istisqo adalah adalah sholat Sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Sholat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajat tertentu.

Sholat Istisqa dilaksanakan dalam dua rakaat kemudian setelah itu diikuti oleh khutbah dua kali oleh seorang khatib.

Previous Post Next Post