KPM Wadul Bantuan Tidak Bisa Dicairkan dan Tidak Mendapat Pelayanan Bank, Pendamping Lakukan Advokasi

KPM PKH datangi Bank Mandiri untuk meminta pelayanan. (Foto: Rahmat)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 2 Tahun 2021 telah disalurkan oleh Kementerian Sosial ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH bulan April ini. Namun, belum semua KPM dapat mencairkan bantuannya karena kendala teknis.

Informasi yang diterima media ini, permasalahan gagalnya pencairan bansos PKH yang dialami para KPM diantaranya karena Kartu KKS tidak bisa digunakan di mesin ATM, kartu invalid dan ada pula kartu yang terblokir.

Pendamping sosial PKH yang mengetahui problem tersebut pun berupaya mencari solusi namun tak dapat berbuat banyak. Sebab, permasalahan yang dialami KPM tersebut berkaitan dengan ranah perbankan. 

Karena ingin segera mencairkan bantuan yang diterima, KPM berinisiatif mendatangi Bank Mandiri Cabang Kebumen, Senin (5/4/2021) pagi. Namun, para KPM mengaku justru mendapat penolakan dari Bank Mandiri. Mereka pun mengadukan hal yang dialami kepada pendamping PKH.

Pendamping PKH yang mendapat laporan adanya penolakan tersebut pun langsung mendatangi Bank Mandiri Cabang Kebumen. Sayang, pimpinan Bank Mandiri cabang Kebumen tidak dapat ditemui karena sedang cuti.

Advokasi KPM, Pendamping PKH konsolidasi dengan Bank Mandiri. (Foto: Rahmat)

Pendamping PKH menjelaskan permasalahan teknis yang dialami para KPM dan meminta kepada Bank Mandiri untuk memperlakukan mereka layaknya nasabah dalam mendapat pelayanan di bank. 

"Meskipun mereka penerima bansos, tetapi secara perbankan mereka kan nasabah bank. Kami mohon Bank Mandiri bisa melayani mereka layaknya nasabah." ujar Tri Aji Wijayanto, Koordinator Pelaksana PKH Kecamatan Kebumen.

Aji juga meminta agar Bank Mandiri terbuka dan berkoordinasi dengan Pelaksana PKH terkait hal-hal menyangkut bansos PKH. Mengingat secara program, KPM mendapat pendampingan para pendamping PKH. 

Petugas Bank Mandiri yang menemui pendamping berkilah, tidak bisa melayani nasabah KPM PKH karena keterbatasan personil. Pihaknya juga belum bisa memberikan jawaban pasti terkait solusi bagi para nasabah KPM yang bermasalah dengan alasan pimpinan sedang cuti. 

Disinggung terkait masih banyaknya KPM yang tercantum sebagai peserta PKH aktif namun belum menerima kartu KKS, pihak Bank Mandiri menyampaikan akan ada pembagian kartu KKS bulan April ini bagi KPM PKH yang belum mendapatkan kartu. (mat)

Post a Comment

Previous Post Next Post