Gubernur Ganjar Ajak PNS untuk Sering Jajan


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak para pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) untuk gemar jajan ditengah pandemi covid-19 yang sangat berdampak pada perekonomian masyarakat kecil.

Ajakan ini diserukan Ganjar melalui video yang diunggah di akun media sosial istagram @ganjar_pranowo juga facebook @GanjarpranowoOfficial, Selasa (3/8/2021).

"Ayo teman-teman PNS, teman-teman yg berpenghasilan lebih, kita jajan saja. Kita beli, kita borong dagangan sedulur2 kita. Mari saling menguatkan." tulis Ganjar menyertai unggahan videonya.

Pada video yang diunggah itu, Ganjar bercerita bahwa dirinya kerap berkeliling kampung dan pasar untuk melihat kondisi warga.

Suatu hari, ia melihat seorang ibu tukang sayur berjualan di pinggir jalan. Dua hari berturut-turut ia lewati dan mendapati ibu tersebut selalu terlihat dalam posisi tidur di bangku panjang karena tidak ada pembeli. Ganjar pun lantas mendatangi penjual tersebut.

"Karena saya pakai masker pakai helm dia tidak tahu siapa saya," kata Ganjar.

Ganjar lalu membeli dagangannya banyak sekali dan ibu penjual bingung. Setelah ditanya berapa modal daganganya dalam sehari, ibu penjual mnjawab 500 ribu.

Melihat kondisi dagangan yang masih separuh lebih, Ganjar mengaku tidak bisa membayangkan kondisinya.



Ia kemudian mengajak para PNS yang masih digaji negara untuk sering jajan, mebelanjakan uang gaji mereka kepada para pedagang.

"Belilah dagangan mereka. Mau dimakan sendiri boleh, beli disumbangkan orang lain boleh, tapi dibeli. Agar mereka bisa hidup, agar mereka bisa mendapatkan rezeki," seru Ganjar.

Video seruannya itu pun mendapat respon beragam dari para netizen. Banyak yang memberi apresiasi positif dan mendukung.

"Mantap pak Ganjar." komentar @yusacfigo_11
"Setuju pak," @anjar_pica

"Ini yang disebut bisa bahu membahu pak.. sdkit solusi untuk meredakan sensitifitas masyarakat karna kondisi dan kebijakan PPKM ini... Salam hormat gubernur jawa tengah," tulis @nanda_fentas

Namun, ada pula yang ragu dan berkeluh kesah.

"Tdk semudah it pak..mhon maaf untuk tmen2 ASN tdk smua mau dan punya niatan sperti it pak.." ujar @heni3756

"tidak semua ASN mau mau beli pak😢😢jaimmmsss," @iztrisyah13

"Pedagang d borong pak,truss bus2 pariwisata apa ya mau d sewa pak buat keliling2 kota,,walau ngga ada penumpangnya yg penting BPK sewa bayar ongkos sewa biar anak dan istri juga bisa beli jajan dan belanja pak😢#kami jg butuh solusi pak#" tulis @arya_020609

"Kalau semua PNS pada mau seperti itu mungkin UMKM seeprti kita ga mengeluh ga dpt uang pak", @lusi_pawonkoe

"Tapi bener bgt pak, tpi di kenyataan pd gk begitu pak😢." @ tya_muasemarang.

(mt/bk)
Previous Post Next Post