Sudah Diumumkan Jokowi, Inilah Logo Resmi Ibu Kota Negara

'Pohon Hayat' Logo Resmi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang Terpilih. (Youtube Sekretariat Presiden/tangkapan layar)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Logo resmi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ahirnya dimumkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Pengumuman logo IKN disiarkan langsung via akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (30/5) petang. 

Adapun logo resmi yang terpilih adalah 'Pohon Hayat' hasil desain Aulia Akbar. "Yang terpilih adalah Pohon Hayat," ujar Jokowi..

Logo yang terpilih itu, kata Jokowi, akan menjadi identitas visual bagi IKN. 

Sebelumnya, Istana telah melakukan voting terhadap lima logo finalis. Lima logo tersebut pun telah dipajang di sejumlah unggahan akun media sosial resmi IKN sejak 5 April 2023.

Logo yang terpilih adalah yang mendapat voting terbanyak dari masyarakat melalui proses jajak pendapat yang ditutup per 20 Mei 2023.

"Jadi yang memilih bukan presiden," kata Jokowi, "Tetapi rakyat." imbuhnya.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam sambutannya menerangkan, total setidaknya ada 500 ribu orang yang melakukan pemilihan dari lima logo IKN yang ditawarkan.

Pemenang logo IKN Nusantara, Aulia Akbar, merupakan desainer grafis yang berdomisili di Bandung. Ia adalah lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House.

Pemerintah RI di bawah kepresidenan Jokowi menargetkan ibu kota negara Indonesia secara resmi pindah dari Jakarta di Pulau Jawa ke Nusantara di Pulau Kalimantan pada Agustus 2024.

Dia menargetkan upacara HUT RI pada 2024 bisa dilaksanakan di kawasan yang saat ini merupakan bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 
(mat/cnn)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post