Gebyar Alian Fest 2023 Menggelar Karya dan Produk KPM PKH, Korwil: Hebat Luar Biasa!

Fashion Show menampilkan karya KPM PKH dari barang bekas. (Foto: Rahmat)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pelaksana PKH Kecamatan Alian menyelenggarakan Gebyar Alian Fest 2023 dalam rangka Gelar Karya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, Sabtu (27/5/2023). Event yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Alian ini diisi dengan jalan sehat, santunan anak yatim, penghargaan anak KPM berprestasi, fashion show KPM dan donor darah.

Tema yang diusung "Dengan Karya Hidup Menjadi Sejahtera". Melalui kegiatan ini, diharapkan KPM PKH dapat mempromosikan produknya sehingga lebih berdaya dan menjadi lebih sejahtera. Lebih khusus, gelar karya ini juga dalam rangka mempersiapkan  produk KPM PKH menjelang Kebumen Internasional Expo 2023.

Hadir dalam kegiatan Bupati Kebumen diwakili oleh Plt Kepala Dinas Sosial dan P3A, Camat Alian, Forkompincam, Korwil Jateng, Korkab PKH dan Korcam PKH se Kabupaten Kebumen serta lebih dari 3000 KPM PKH Alian. 

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap dapat rutin dilaksanakan

"Saya berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan di Kecamatan Alian dan menginspirasi kecamatan lainnya." ujar Bupati melalui sambutan tertulis yang disampaikan oleh Plt Kepala Dinsos P3A Dwi Suliyanto, S.Sos,M.Si.

Bupati berpesan  pendamping PKH harus memiliki setidaknya ada tiga hal penting dalam mendampingi KPM. Yakni memberikan pencerahan, harapan, serta optimisme (a lighting); memberikan pendidikan (an educated); dan memberdayakan (an empowering) agar keluarga harapan terus memiliki semangat dan bergerak maju, lebih baik, lebih sukses, dan berdampak nyata.

Selain itu Bupati juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas PKH yang telah berjuang mengentaskan kemiskinan. 

"Koordinator, pendamping, maupun operator PKH harus saling asah, asih dan asuh sehingga Program Keluarga Harapan tidak cuma harapan, melainkan juga dapat mewujudkan harapan." imbuhnya.

Koordinator PKH wilayah Jawa Tengah Arif Rohman Muis yang hadir secara langsung menyampaikan rasa bangganya terhadap SDM PKH maupun KPM PKH yang telah berhasil menyelenggarakan Gabyar Alian Fest ini. Meski sederhana, menurut Korwil Arif, acara ini nampak meriah, membawa kebahagiaan dan juga menyehatkan.

"bahagianya karena kumpul bareng-bareng dan banyak doorprizenya." kata Korwil Arif.

Tak hanya itu, menurut Korwil, dengan adanya Gelar Karya pameran produk KPM dan fashion show KPM menunjukkan bahwa KPM PKH mampu berkarya dan bisa berdaya. 

"pameran karya dan fashion show ini menandakan bahwa KPM dan Anak KPM dapat menunjukkan ide-ide mereka. Acara ini hebat dan luar biasa!" ujar Korwil Arif.

Sementara itu Koordinator PKH Kabupaten Kebumen Muri Kunjono mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan inovasi dari SDM PKH.

"ini salah satu bentuk pemberdayaan. KPM yang mempunyai usaha diwujudkan dalam UMKM." jelasnya.

Menurutnya, Gebyar Alian Fest ini sangat bermanfaat. Melalui gelar karya dan penghargaan menandakan bahwa setiap KPM pasti punya potensi dan anak-anak KPM pun banyak yang berprestasi.

Adapun produk-produk yang dipamerkan semua merupakan produk hasil karya KPM PKH dari 16 desa di Kecamatan Alian sebagai berikut.

  1. Surotrunan : Bantal Cinta, Kesed Semprong
  2. Bojongsari : Mantel, Tas, Peci, Otak Otak, Penghasil Kangkung
  3. Seliling : Tanaman Bunga Plastik, Produksi Cilok
  4. Kalirancang :  Anyaman Bambu, Media Tanam, Bubur Ayam
  5. Sawangan : Kesed, Sabun Cuci, Aneka Makanan Ringan
  6. Tlogowulung : Matel, Tas Sekolah
  7. Karangkembang : Kandang Ayam Dan Burung, Brownis
  8. Kalijaya : Buket Bunga, Kreasi Dari Bungkus Kopi, Kreasi Dari Bunga Dan Daun Kering, Produksi Aneka Kripik, Produksi Snack Basah
  9. Karangtanjung : Produksi Snack Basah (Arem2, Siomay, Rujak, Sempolan, Dll)
  10. Wonokromo : Produksi Aneka Kripik, Basreng, Telor Asin
  11. Kambangsari : Produksi Aneka Kripik (Daun Kelor)
  12. Kemangguan : Produksi Aneka Kripik, Tas Kain Perca, Sambel, Jas Hujan
  13. Jatimulyo : Bros, Produksi Aneka Kripik
  14. Tanuharjo : Produksi Aneka Kripik Dan Makanan Ringan
  15. Krakal : Bank Sampah Dan Pengrajin Sampah Plastik
  16. Kemangguan : Keripik Bonggol Pisang, Donat

Ketua panitia M Nur Fatoni menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya Gebyar Alian Fest 2023. Usai acara, dirinya memberikan komando dan bersama para KPM bersama-sama membersihkan lokasi pasca acara.

(Ags/Mat)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post