Friday, July 10, 2020

Melonjak, 6 Nakes Positif Covid-19 Usai Ikuti Pelatihan

Melonjak, 6 Nakes Positif Covid-19 Usai Ikuti Pelatihan

BERITAKEBUMEN.CO.ID - Munculnya gelombang II kasus Covid-19 di Kebumen pasca zero positif yang sempat dikhawatirkan seakan jadi kenyataan. Lonjakan kasus positif Covid-19 di Kebumen benar-benar terjadi. Jumlah kasus positif Covid-19 di Kebumen bertambah enam orang dalam sehari.


Hal itu nampak dari pantauan data Covid-19 Kabupaten Kebumen melalui laman https://corona.kebumenkab.go.id/ yang diupdate pada Jumat 10 Juli 2020 pukul 21.27 WIB. Data menyebutkan ada 12 orang positif Covid-19 yang masih dalam perawatan dari total kasus positif 51 orang. Sementara 37 dinyatakan telah sembuh dan dua orang meninggal dunia.

Enam orang pasien terahir yang terkonfirmasi positif Covid-19 akibat transmisi lokal ini adalah para tenaga kesehatan (nakes). Dua diantaranya adalah dokter dan empat perawat usai mengikuti pelatihan pengambilan spesimen/swab yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan di Hotel Mexolie Kebumen.

Mereka berinisial FR (28) Kebumen, DU (39) Puring, RW (39) dan ERN (41) warga Kecamatan Sruweng, AM (42) asal Rowokele dan Nur (38) warga Karanganyar terpapar karena kontak dekat dengan suspect Covid-19.

Atas kejadian tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen melakukan penyemprotan disinfektan di lima Puskesmas untuk memutus mata rantai penyebaran virus, yakni di Puskesmas Sruweng, Karanganyar, Rowokele, Klirong 1 dan Ayah 1. Penyemprotan juga dilakukan di rumah pasien dengan hasil swab positif yang berlokasi di Sruweng, Rowokele, Karanganyar, Puring dan Kebumen.

Kemudian lokasi pelatihan di Hotel Mexolie Kebumen juga disemprit desinfektan. “Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di 28 satuan pendidikan,” ujar Plt Kalakhar BPBD Kebumen Teguh Kristiyanto.

Personil BPBD juga melaksanakan giat pengisian air bersih guna keperluan cuci tangan di beberapa fasilitas umum di antaranya Alun-alun Kebumen sejumlah tiga torn, Pasar Mertokondo satu torn, Pasar Tumenggungan dua torn dan Pasar Koplak dua torn.

Sementara, untuk meringankan beban keluarga pasien ODP, personil BPBD Kebumen mengirimkan bantuan logistik dari Pemkab Kebumen untuk ODP atas nama UM yang beralamat di RT 02 RW 02 Desa Pringtutul Kecamatan Rowokele dan penerimaan di wakili oleh Puskesmas Rowokele.

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen melakukan Rapid Diagnose Test (RDT) bagi pengelola objek wisata, Rabu 9 Juli 2020 di halaman parkir Pantai Logending, Kecamatan Ayah. Rapid Test diikuti oleh 154 peserta yang terdiri dari penyelenggara objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten maupun Desa. Dari 154 peserta kesemuanya dinyatakan non-reaktif.

Saat ini, jumlah pasien dengan pengawasan (PDP) yang masih dalam proses pengawasan sebanyak 21 orang, dari total 283 pasien. Dari jumlah itu, 196 dinyatakan negatif, 45 selesai pengawasan dan 21 meninggal dunia tanpa hasil lab.

 
Tangkapan layar laman corona.kebumenkab.go.id Jum'at 10Juli 2020 pukul 23.00 WIB.

Baca berita terkait lainnya

BERITA TERBARU:

© Copyright 2009-2020 Berita Kebumen | All Right Reserved