Sejumlah Warung di Petanahan Jadi Korban Penipuan Order Fiktif. Pelaku Mengaku Sebagai Anggota Polisi

BERITAKEBUMEN.CO.ID - Entah apa motivasi pelaku kejahatan penipuan ini, yang berani mengaku sebagai anggota Polisi dari Polsek Petanahan Kebumen dan melakukan order fiktif ke sejumlah warung.

Order fiktif makanan yang diantar ke Mapolsek Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu (9/1/2021).(KOMPAS.COM/DOK HUMAS POLRES KEBUMEN)

Kasubbag Humas Polres Kebumen, Iptu Sugiyanto mengungkapkan sudah ada enam warung di Kecamatan Petanahan yang menjadi sasaran penipuan ini dalam sehari.

Modusnya, pelaku yang mengaku sebagai anggota Polsek Petanahan memesan makanan dan minuman hingga pulsa ke sejumlah warung melalui WhatsApp.

"Korban mengantar makanan-makanan itu ke Polsek. Ada enam korban yang lapor ke Polsek pada Sabtu (9/1/2021)," kata Sugiyanto, Minggu (10/1/2021)

Berdasarkan laporan yang diterima, pelaku memesan 6 enam porsi bakso di warung Raja Bakso Petanahan. Kemudian di warung bakso samping Alfamart Petanahan, pelaku memesan tujuh porsi bakso. 

Sementara di warung makan timur Benteng Petanahan, pelaku memesan enam porsi nasi ayam. Tak hanya itu, di warung Aneka jus di timur Benteng Petanahan pelaku juga memesan empat porsi jus alpukat dan pulsa Rp 100.000. 

Kemudian di rumah makan Aloha Desa Karangduwur, pelaku memesan nasi ayam geprek lima porsi dan di warung Bu Mio, pelaku memesan delapan porsi ayam geprek. 

Untuk meyakinkan para korbannya, kata Sugiyanto, pelaku menggunakan foto anggota polisi setempat sebagai profil WhatsApp. 

Pelaku melakukan aksi tersebut menggunakan nomor telepon 081334749304 dan 081332835652. "Jika tidak kenal, atau ada nomor asing yang pesan mengatasnamakan Polres ataupun Polsek, kami mengimbau untuk dicek kembali," imbau Sugiyanto.

Post a Comment

Previous Post Next Post