KPU Kebumen Kembalikan 3,4 Miliar Dana Hibah Pilkada ke Pemkab

Penyerahan Dokumen Laporan dari KPU Kebumen kepada Pemkab Kebumen. (foto:farhan/rri)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Gelaran Pilkada Serentak pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen mengembalikan dana sisa penyelenggaraan Pilkada Kebumen sebesar Rp 3,4 milyar kepada Pemkab Kebumen bersama dengan penyerahan laporan penggunaan dana oleh Ketua KPU Kabupaten Kebumen Yulianto, Rabu (10/3/2021).

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menerima langsung laporan sekaligus pengembalian dana tersebut di Rumah Dinas Bupati Kebumen.

Kepada Bupati, Ketua KPU Yulianto menyampaikan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 lalu, KPU Kebumen menerima dana hibah sebesar Rp 44, 1 milyar dari pemerintah Kabupaten Kebumen. Dana tersebut telah digunakan oleh KPU sejak diserahkan pada tahun 2019 hingga tahun 2021. KPU Kebumen, kata Yulianto, akan memaparkan rincian penggunaan dana tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Kebumen pada akhir Maret 2021.

"Penggunaan anggaran dalam Pilkada Kebumen ini, sebelumnya juga telah dilakukan audit oleh Badan Pemerikasaan Keuangan BPK RI. Dari penggunaan anggaran tersebut terdapat sekitar 40 persen efisiensi. Salah satunya pengadaan logistik pemilu," jelas Yulianto.

Adapun efisiensi lainnya adalah tidak adanya sengketa dan gugatan atas hasil Pemilukada Kebumen. Dengan begitu secara otomatis alokasi dana pengurusan sengketa tidak terserap dan dikembalikan ke Pemerintah Daerah. Kemudian untuk operasional badan penyelenggara, juga terdapat efisiensi sekitar Rp 600 juta, sehingga total sisa dana sekira Rp 3,4 milyar.

"Dari anggaran yang sudah kita gunakan, masih ada sisa anggaran sekitar Rp 3,4 milyar yang akan kami serahkan kembali ke Pemkab," ucap Ketua KPU Kebumen.

Usai serah terima dokumen, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan terima kasih kepada KPU Kabupaten Kebumen atas kinerja yang telah dilaksanakan sehingga Penyelengara Pemilukada Kabupaten Kebumen berjalan baik dan lancar. Terlebih adanya efisiensi anggaran yang relatif besar.

"Alhamdulillah Pilkada Kebumen berjalan lancar, dan ada efisiensi yang cukup luar biasa. Kami dari Pemerintah Kabupaten Kebumen mengucapkan terima kasih atas semua kinerja yang dilaksanakan oleh KPU," ucapnya.

(bk11/rri)

Post a Comment

Previous Post Next Post