Tips Memilih Barang Elektronik Sesuai Kebutuhan di Masa Pandemi


beritakebumen.co.id - Perabotan atau peralatan dibutuhkan manusia dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Mulai dari perabotan rumah tangga, peralatan kerja, hingga perlengkaan untuk hobi. 

Hidup di era teknologi informasi saat ini, kita tidak bisa lepas dari barang-barang elektronik untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sementara, hampir semua kebutuhan barang elektronik yang kita butuhkan diperoleh dengan cara membeli. Maka penting bagi kita untuk cermat dalam memilih dan membeli kebutuhan elektronik. Apalagi di masa pandemi corona saat ini.

Berikut Tips Memilih Barang Elektronik Sesuai Kebutuhan yang kami rangkum dari salah satu marketplace terbesar saat ini, shopee.

Dalam membeli barang elektronik rumah tangga, perlu banyak perhitungan matang yang dibutuhkan untuk menentukan produk mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Pemilihan tersebut penting karena barang barang elektronik rumah tangga biasanya berharga lumayan tinggi dan merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam hal mempermudah melakukan kegiatan rumah tangga.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Perhatikan kebutuhan kamu akan barang elektronik itu sendiri. Perhatikan jumlah orang yang ada di rumah kamu dan kebutuhan mereka masing masing. Jika kamu tinggal sendiri, ada baiknya kamu membeli alat alat elektronik yang kecil ukurannya, seperti mesin cuci satu tabung bukaan atas, kulkas satu pintu, dispenser ukuran kecil maupun coffee maker personal. Alat alat elektronik yang berukuran kecil ini selain tidak memakan tempat terlalu banyak, biasanya memiliki spesifikasi yang cukup untuk dipakai personal (1-2 orang) serta harganya yang lebih murah dibanding ukuran standar atau besar yang pastinya akan memaksimalkan efisiensi dari pembelian alat elektronik tersebut.

2. Pilih Brand Trepercaya

Brand juga merupakan hal yang penting dalam pemilihan alat elektronik rumah tangga. Pilihlah merk yang memang sudah terpercaya kualitas dan bagus jaringan servisnya. Mahal sedikit tidak apa apa karena tentunya kamu tidak ingin bolak balik ganti elektronik hanya karena membeli barang elektronik yang lebih murah sedikit, namun sering terjadi kerusakan atau jaringan servisnya sulit bukan?

3. Petimbangan Harga dan Hindari Kredit

Harga barang elektronik juga menjadi pertimbangan penting dalam membelinya. Sebisa mungkin perhatikan cash flow kamu serta tingkat prioritas barang elektronik yang ingin kamu beli. Hindari melakukan kredit elektronik terhadap produk elektronik yang sebetulnya tidak terlalu kamu butuhkan karena itu hanya akan memberatkan pengeluaranmu untuk membayar cicilan barang tiap bulannya. Untuk kamu yang sedang merintis rumah tangga baru ataupun cicilan kendaraan, membeli barang elektronik dengan cash merupakan cara yang paling baik karena kamu bisa fokus cicilan kendaraan atau rumah tanpa harus pusing memikirkan cicilan tambahan dari barang elektronik yang kamu beli.

4. Ketersediaan Tempat

Selalu perhatikan tempat yang tersedia di rumah kamu. Pilihlah barang elektronik yang ukurannya sesuai dengan keadaan dan size ruanganmu. Jangan sampai barang barang elektronik yang sudah kamu beli diletakkan secara tidak terkelompok karena space yang kurang memadai, Barang elektronik tentunya sudah di desain untuk pengoperasian dengan suhu dan sirkulasi tertentu, menaruhnya secara tidak benar dan tidak terkelompok (misalkan menaruh mesin cuci di sebelah TV elektronik atau menaruh kompor berdekatan dengan mesin cuci akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut disebabkan oleh lingkungan yang tidak sesuai dan tentunya hal tersebut tidak kamu inginkan bukan?

5. Memilih Toko/Penjual

Dalam membeli barang elektronik, kita juga harus pandai memilih toko atau tempat kita membeli barang elektronik yang kita butuhkan. Kamu sebaiknya membeli di toko elektronik besar atau ternama yang terdekat dengan tempat tinggal kita. Karena toko yang demikian biasanya memiliki quality control yang lebih baik dibanding toko-toko kecil, menyediakan brand terpercaya dan beragam serta melayani klaim garansi.

Sama halnya jika kamu hendak membeli secara online, pilihlah marketplace yang besar dan penjual yang terpercaya. Jangan lansung tergiur dengan iklan menarik yang bertebaran di dunia maya, karena tidak sedikit orang yang kecewa karenanya. Marektplace besar seperti Shoppe, Tokopedia, Bukalapak, Blibli bisa menjadi rujukan kamu untuk membeli barang elektronik. 

Demikian beberaa tips dalam memilih barang elektronik sesuai kebutuhan kamu. Banyak pilihan dan harga elektronik tersedia di pasar salah satunya di toko elektronik murah online yang tersedia lengkap di Shopee. Semoga bermanfaat.


Previous Post Next Post