Corona Makin Merajalela, 25 Kab/Kota di Jawa Tengah Zona Merah. Kebumen Keempat Terbanyak

Peta zona Merah Jawa Tengah 28 Juni 2021.

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Wabah Covid-19 di Jawa Tengah makin parah. Wilayah Kabupaten/Kota yang masuk kategori zona merah pun bertambah. Sebelumnya hanya 13 daerah, kini bertambah menjadi 25 daerah dari total 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng) yang masuk zona merah. 

Wilayah dengan risiko tinggi penyebaran Covid-19 itu meliputi Kabupaten Grobogan, Demak, Jepara, Kota Semarang, Kabupaten Pati, Pemalang, Pekalongan, Sragen, Kebumen, Rembang, Wonogiri, Brebes.

Kemudian, Kabupaten Kendal, Batang, Kabupaten Semarang, Karanganyar, Purworejo, Kudus, Blora, Kota Pekalongan, Kabupaten Banjarnegara, Cilacap, Kabupaten Tegal, Sukoharjo, Magelang.

"Pakai data kita ternyata ada 25 Kabupaten/Kota. Jadi ini serius. Ini zona merah konteks kabupaten ya, meski kalau kecilkan di level desa masih banyak yang hijau  tapi kami tidak mau ambil risiko," ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada wartawan, Senin (28/6/2021).

Kebumen di Urutan Keempat Terbanyak


Ganjar menyebut, kasus aktif COVID-19 tertinggi masih diduduki Kabupaten Kudus dengan 1.694 kasus. Disusul Kabupaten Kendal 1.611, Kota Semarang 1.510, Kebumen 1.024, dan  Sragen 907 kasus.

"Penambahan kasus tertinggi hari Minggu (27/6) ada di Kendal 164 kasus, Kebumen 161, Semarang Kabupaten 98, Kota Semarang 94, dan Batang 69," sebut dia.

Dengan kondisi ini, Ganjar meminta seluruh kawasan RT yang masuk zona merah harus di-lockdown untuk sementara waktu.

"Saya minta seluruh RT yang merah lockdown, tidak bisa ditawar. Seluruh kegiatan keramaian tidak ada. Kalau masih nekat saya minta dibubarkan. Nanti saya kirim instruksi ke daerah sehingga kita bisa lindungi orang tercinta kita," kata Ganjar.
Previous Post Next Post