Penyekatan Akses Masuk Kota Kebumen Dilakukan Pagi Hingga Malam dan Diperlebar Hingga Gombong


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Aktivitas masyarakat Kebumen benar-benar dibatasi. Bagi anda yang berencana hendak pergi atau sekedar jalan-jalan ke Kota Kebumen harus menahan diri. Sebab, akses jalan menuju Kota Kebumen mulai hari ini, Senin (12/7/2021) akan ditutup dari pagi hingga malam hari. 

Sebelumnya, penyekatan jalur arah Kota Kebumen yang dilakukan sejak 3 Juli 2021 dimulai pukul 18.00 sampai dini hari. Namun eskalasinya akan ditambah. 

Penyekatan Diperlebar Hingga Gombong

Penyekatan jalan dalam rangka menekan penularan Covid-19 di Kabupaten Kebumen ini akan diperlebar sampai Gombong.  Jalan nasional yang melewati Gombong nantinya akan dialihkan ke jalan nasional wilayah selatan. 

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan hal tersebut saat melakukan monitoring penutupan toko-toko dan pasar-pasar di Kebumen sampai ke Gombong, dan Petanahan, Minggu (11/7/2021) kemarin. 

"Sekarang kan masih di 6 titik, besok kita perlebar sampai Gombong, kendaran kita alihkan ke selatan," kata Bupati Arif.

Gerakan Kebumen Putih

Arif mengungkapkan, penyekatan menuju arah Kota  Kebumen sudah dilakukan sejak PPKM Darurat diberlakukan pada 3 Juli 2021. Kota Kebumen kini memang terlihat lebih sepi dari sebelumnya. 

Terlebih pada Minggu, 11 Juli 2021 kemarin, semua toko dan pasar ditutup. Dengan kebijakan ini, Bupati ingin canangkan Gerakan Kebumen Pulih.

"Kebijakan ini dalam rangka menuju Kebumen Pulih dari Covid-19. Kita ingin semua pulih, Kebumen menjadi lebih sehat, aktivitas kembali normal, ekonomi juga pulih. Masyarakat kembali bergembira," paparnya.

Mereka yang Bisa Masuk Kota

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama  mengatakan, penyekatan ini mulai berlaku Senin, 12 Juli 2021 sampai berakhirnya PPKM Darurat yakni 20 Juli 2021.

Artinya, aktivitas masyarakat benar-benar dibatasi. Hanya sektor-sektor tertentu yang diizinkan masuk kota.

Kapolres mencontohkan yang bisa masuk Kota Kebumen misalnya pegawai yang 50 persen masuk kantor. Tapi harus menunjukan surat atau tanda pengenal dirnya bekerja di perusahaan tersebut. Masyarakat yang masuk rumah sakit kita serta yang mencari obat juga diizinkan. "Selebihnya kita minta taati PPKM darurat," ujar Kapolres mendampingi Bupati.

Kapolres menilai kebijakan Bupati dengan adanya gerakan satu hari di rumah dan penyekatan jalur ke kota sangat efektif untuk menekan angka Covid-19,  aktivitas warga berkurang. Terlihat warga pada patuh, masyarakat pada Minggu ini juga tetap berada di rumah. Jalan tampak sepi. 

"Alhamdulillah angka penambahan kasus sudah mulai turun. Penyekatan dan gerakan satu hari di rumah menjadi senjata tambahan bagi kita untuk bisa terus menekan angka Covid-19 sehingga Kebumen bisa cepat pulih," tandasnya.
Previous Post Next Post