Kebutuhan Hidup Melejit dan Ekonomi pun Sulit, Ibu-ibu di Petanahan Dibekali Manajemen Mental

Bunda Rofiah Akbar, S. Psi, M.Psi, Psikolog pendidikan, anak, keluarga dan pribadi memberikan materi manajemen mental kepada para peserta. (Foto: Ririn)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Hidup di masa ekonomi sulit dengan beragam tuntutan kebutuhan hidup tidaklah mudah. Butuh kemampuan finansial dan juga mental yang kuat agar bisa tetap menjalani kehidupan yang layak. 

Akan tetapi, kondisi ekonomi seseorang tidaklah sama. Bagi mereka yang mampu secara ekonomi, beban mental mereka tidaklah terlalu berat. Lain halnya dengan mereka yang dalam kondisi ekonomi minim. 

Untuk itu, para ibu dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Petanahan dibekali kemampuan manajemen mental melalui kegiatan Ngobrol Bareng Bunda Rofiah Akbar dengan tema “Manajemen Mental Ibu di tengah Tuntutan Hidup dan sulitnya Ekonomi”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pendamping Sosial PKH Kecamatan Petanahan ini dilaksanakan pada Jum'at, 1 April 2022 di Aula Kecamatan Petanahan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bunda Rofiah Akbar, S. Psi, M.Psi, seorang Psikolog pendidikan, anak, keluarga dan pribadi yang ternama di Kebumen. Turut hadir dalam kegiatan ini Arif Rahmadi selaku Sekcam Petanahan mewakili Camat Petanahan, Kasi Kesos Kecamatan Petanahan serta Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Kabupaten Kebumen.

Peserta yang hadir merupakan perwakilan dua orang KPM PKH dari setiap desa di Kecamatan Petanahan.  Para peserta memberikan respon yang positif dari materi seminar yang disajikan oleh pembicara yang memberikan materinya dengan santai dan menarik.



Korkab PKH Kabupaten Kebumen, Agus Faurizan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kali pertamanya dilaksanakan. Dirinya pun berharap, lebih banyak kegiatan bermanfaat seperti ini dilaksanakan di kecamatan Petanahan maupun Kecamatan yang lain.

Penyelenggara kegiatan mengungkapkan tujuan dari pelaksanaaan kegiatan ini adalah terwujudnya keluarga yang bahagia dan mandiri.

“Harapan dari adanya kegiatan ini, ibu-ibu KPM PKH mampu mengatur kesehatan mental demi terwujudnya keluarga yang bahagia dan mandiri.” Ujar Ririn, Koordinator PKH Kecamatan Petanahan.

Menurutnya, seorang ibu berperan sangat penting dalam keluarga. Tugas dan tanggung jawab dirumah serta kemonotonan aktivitas kerap membuat ibu mengalami ketidakseimbangan kesehata mental. Belum lagi tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada para ibu, tanpa adanya penghargaan, membuat kondisi mentalnya rentan. 

"Itulah yang menjadi alasan diadakannya kegiatan pada pagi hari ini." ungkap ririn.

(bk01/Rn)

Previous Post Next Post