Si Lanthing Diluncurkan, Daftar Haji Bisa Sambil Rebahan

Launching aplikasi Si Lanthing. (Foto: Kominfo Jateng)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Masyarakat Kabupaten Kebumen yang ingin mendaftar haji kini semakin dipermudah dengan hadirnya Si Lanthing alias Sistem Informasi dan Layanan Terpadu Haji Keliling.

Meskipun baru tersedia di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gombong, nantinya layanan tersebut dapat diakses di setiap KUA yang ada di Kebumen.

Manajer Bank Syariah Indonesia (BSI) Area Purwokerto Rahmadi Anur menjelaskan, Si Lanthing merupakan bentuk kerja sama antara Kementerian Agama Kebumen dengan BSI. Lewat Si Lanthing, masyarakat bisa secara resmi masuk dalam daftar antrean haji tanpa harus jauh-jauh datang ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen.

“Tidak sampai nunggu sepuluh menit, peserta sudah mendapat nomor antrean haji, sangat mudah, dan cepat,” terangnya, di Kantor KUA Kecamatan Gombong, Kebumen, pekan lalu.

Mengingat keterbatasan SDM, imbuhnya, program Si Lanthing dilakukan bertahap.

“Untuk saat ini baru ada di Gombong, tapi ke depan kita bakal hadir di kantor KUA kecamatan lain. Pada prinsipnya, kita ingin jemput bola mendekatkan diri kepada masyarakat memberikan layanan terbaik, agar masyarakat mudah dalam mendafar haji,” jelasnya.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menuturkan, akronim nama Si Lanthing diambil dari jajanan khas Kebumen. Menurutnya, dengan wilayah Kebumen yang luas, masyarakat membutuhkan layanan untuk mempermudah segala urusan terkait administrasi kependudukan, termasuk pendaftaran haji.

“Memang perlu adanya layanan jemput bola, seperti Si Lanthing ini. Sebelumnya, kita juga sudah meluncurkan Golak (Go Layanan Administrasi Kependudukan) untuk memudahkan masyarakat yang jauh dari Kebumen untuk pembuatan KTP. Jadi, ada pembuatan KTP keliling,” terangnya.
(bk/jtprov)

Previous Post Next Post