Peringati 1 Abad, PSHT Gelar Kirab Budaya dari Sabang sampai Merauke

Penyerahan tanah dan air dari Ketua PSHT cabang Kebumen kepada Perwapus Jateng di Saksikan Pengurus Pusat (foto:bety)

WONOSOBO, beritakebumen.co.id - Peringati satu abad berdirinya organisasi, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Indonesia menggelar kirab budaya yang dilakukan dari Sabang sampai Merauke. Dalam kirab budaya juga dilakukan pengumpulan tanah dan air (Tirto Suci Dan Siti Aji) yang dilakukan oleh seluruh cabang Persaudaraan Setia Hati Terate di wilayah Indonesia.

 

Tim kirab budaya Nakula yang start dari pula Kalimantan melewati beberapa kabupaten kota di wilayah jawa tengah selatan diantaranya Kabupaten Wonosobo. Pada kesempatan ini PSHT Cabang Kebumen Pusat Madiun ikut menyambut rombongan tim Nakula dari PSHT Pusat bersama PSHT Cabang Wonosobo di Taman Fatmawati Wonosobo, Sabtu 25 Juni 2022.

 

Tak kurang dari 300 pendekar PSHT dari berbagai ranting Kecamatan maupun Cabang serta perwakilan dari Kabupaten Kebumen, turut serta memeriahkan kegiatan kirab budaya tersebut.

 

Mereka membawa wadah kendil berisikan tanah dan air yang diambil di beberapa tempat latihan di Cabang Kebumen maupun wonosobo untuk diserahkan kepada pengurus pusat PSHT. Dan akan dibawa ke Pusat Madiun.

 

"Tim rombongan Nakula dari PSHT Pusat kebetulan tidak melewati Kabupaten Kebumen, sehingga  Kirab budaya Satu Abad Terate Emas PSHT Cabang Kebumen kali ini dibarengkan bersama PSHT cabang Wonosobo.” Ungkap Ketua PSHT Kebumen Agus Eko Purwono saat ditemui disela sela kegiatan

 

Agus menjelaskan, Peringatan satu abad ini mempunyai tema Menjaga Konsistensi Jatidiri Setia Hati Terate dalam Memperkokoh Nilai-Nilai Kebangsaan dan Nasionalisme sebagai Pelopor Ajaran Budi Luhur.

 

“Kirab budaya sekaligus penyatuan tanah dan air dari seluruh wilayah Indonesia ini tentunya mempunyai makna luhur yang luas untuk mengingatkan akan pentingnya persatuan dan persaudaraan ditengah keberagaman bangsa Indonesia.”Imbuh Agus

 

Jajaran pengurus PSHT Cabang Kebumen Kebumen bersama perwakilan pusat dan perwapus jateng (foto:bety)

Sementara itu, ketua Perwapus PSHT Jawa Tengah Purn AKBP Sapto Yuhanis, SH.MH menambahkan, usai singgah di Kabupaten Wonosobo rombongan kirab Nakula selanjutnya akan singgah ke Kabupaten Temanggung, Magelang, Yogyakarta, Klaten, Sukoharjo, Solo, kemudian ke Wonogiri dan terakhir menuju padepokan Pusat Madiun

 

"Dari sebanyak 350 Cabang PSHT yang ada diseluruh Indonesia dan 38 Cabang perwakilan luar Negeri nantinya masing-masing cabang akan mengumpulkan tanah dan air untuk dijadikan satu pada puncak peringatan 1 Abad PSHT tanggal 2 September 2022 di Madiun, dari tanah dan air ini akan menjadi penyatu PSHT diseluruh Nusantara."ungkapnya.

 

Ia berpesan agar PSHT Cabang Wonosobo maupun Cabang Kebumen untuk senantiasa menjaga kerukunan maupun persatuan, sehingga organisasi PSHT akan semakin kuat. (BK/DR)

Previous Post Next Post