PKL Alun-Alun Kebumen Bakal Dipindah ke Jalan Soekarno Hatta Selama KIE Berlangsung


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Gelaran Kebumen International Expo (KIE) dalam waktu dekat akan diselenggarakan di Alun-alun Kebumen. Lantas, bagaimana dengan para pedagang kaki lima (PKL) yang sehari-hari berjualan di seputar Alun-alun Kebumen?

Rencananya, para pedagang kaki lima di kawasan alun-alun Kebumen bakal dipindah ke Jalan Soekarno Hatta lantaran adanya stand pameran.

"Untuk PKL alun-alun Kebumen kita pindahkan ke Jalan Soekarno Hatta," ujar Bupati Kebumen Arif Sugiyanto usai memimpin acara Apel gelar pasukan Operasi Candi 2022 di Mapolres Kebumen, Senin (13/6/2022).

Bupati menyebut, pemindahan PKL tidak dilakukan secara mendadak. Pihaknya sudah melakukan sosialisasi mengenai pemindahan lokasi PKL ke arah jalan Soekarno Hatta selama KIE berlangsung. 

"Kita sudah melakukan sosialisasi sejak tanggal 7 kemarin selama dua kali, dan para PKL ini sudah menerima dan memahami adanya dampak KIE untuk dipindah lokasi ke Soekarno Hatta," jelasnya.

Sementara itu mulai, Minggu (12/6) malam stand KIE sudah mulai dipasang di Jalan Merdeka atau disepanjang kawasan alun-alun Kebumen. Bupati juga mengatakan, secepatnya para PKL akan segera dipindah ke Jalan Soekarno-Hatta.

"Untuk pemindahan secepatnya dua atau tiga hari lagi, karena stand sudah mulai terpasang," jelasnya.

Selama KIE berlangsung, jalur lalu lintas ke arah alun-alun ada kemungkinan akan ditutup. Hal itu dilakukan jika pengunjung membludak.

"Nanti lihat situasi kalau penuh terjadi kepadatan maka akan ditutup dari perempatan SMP N 5, dan jalan Ronggowarsito, Pejagoan," jelas Bupati.

Sebelumnya Bupati menyatakan untuk semua stand pameran KIE sudah habis terjual. Harga stand bervariasi, dari harga Rp 20 juta untuk kelas VIP, kemudian Rp15 juta, Rp 8 juta, dan paling rendah Rp5 juta. Jumlah stand total ada 500 stand.

Kemudian untuk tiket, Bupati belum menyebut secara pasti jumlah nominalnya. Namun, ia sendiri mengatakan bahwa harga tiket masuk KIE tidak lebih mahal dari sebungkus rokok. Bupati hanya memastikan harga tiket masih sangat terjangkau untuk masyarakat.

Diketahui, selain memamerkan produk-produk UMKM, beserta seni dan kebudayan lokal, KIE juga bakal dimeriahkan dengan hadirnya artis-artis Ibu Kota, yakni Kerispatih, D'masiv, Padi, Kotak, Gigi, Shalawatan Gus Azmi, Rhoma Irama, Iwan Fals, dan pelantun lagu Isabela, Malaysia Amy Search.
(bk/mat/kab)
Previous Post Next Post