Alasan Pantai Menganti Begitu Diminati. Pantai Selatan Kebumen yang Menawan Hati

Pantai Menganti yang eksotis dan Instagramable. (Foto: @mengantikebumen)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pantai Menganti, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kebumen sudah cukup populer di kalangan para pecinta wisata dan penikmat keindahan alam. Banyak wisatawan jatuh hati dengan keindahan pantai yang sejuk nan asri ini. Butuh perjuangan untuk dapat mencapai pantai ini, rute jalan yang cukup ekstrim dengan banyak kelokan dan tanjakan. Namun demikian pantai ini tidak pernah sepi. 

Mengapa pantai menganti ini begitu diminati? Beberapa hal berikut mungkin menjadi alasannya.

Kebanyakan pantai di pesisir selatan Kebumen memiliki karakteristik pasir berwarna hitam, namun tidak dengan Pantai Menganti. Pasir di pantai ini berwarna putih dengan batu karang di tengah layaknya pantai-pantai eksotis di pulau Dewata Bali. Menikmati Sunset sambil duduk di pasir putih tersebut rasanya tak kalah dengan senja di pantai-pantai di Bali.

Menurut Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen, Muhamad Arifin Pantai Menganti memiliki pasir putih yang berasal dari koral. 

"Bukan pelapukan batu, ini pelapukan karang. Jadi warnanya putih," katanya dikutip beritakebumen.co.id dari harianjogja.com.

Dengan keelokan ini, menurutnya Pantai Menganti sering disebut lebih indah dari pantai-pantai di Bali. Pantai ini menjadi idola Kabupaten Kebumen.

Di pantai ini juga tersedia beragam fasilitas tambahan di antaranya angkutan wisata gratis menuju Bukit Sigatel, yang jaraknya 300 meter. Di Bukit Sigatel terdapat beberapa spot, yaitu Tanjung Karang Bata, Tanjung Menguneng, Spot Batuan Columnar Joint, Jembatan Merah, Mercusuar, camping ground, dan lain-lain.

Saat ini pembayaran tiket masuk di Pantai Menganti semakin mudah dengan tersedianya metode transaksi nontunai. Wisatawan dapat menbayar tiket masuk yang seharga Rp20.000 per orang dengan QRIS termasuk menggunakan QRIS dari Bank BPD DIY. Transaksi menjadi semakin mudah dan aman.

Meskipun lokasinya tidak dekat dengan SPBU, pengendara tak perlu khawatir saat membutuhkan BBM. Ada beberapa Pertashop yang berada di tepi jalan dan siap melayani penjualan BBM nonsubsidi.

Pemandangan indah di Pantai Menganti begitu instagramable, tak jarang para selebgram bahkan artis ibukota berkunjung ke pantai ini. Romantisme di pantai Menganti memiliki pesona yang sangat menenangkan, ditambah dengan pasir pantai yang bersih akan membuat liburanmu menyenangkan.

Beragam fasilitas objek wisata disediakan masyarakat sekitar pantai agar wisatawan dapat dengan betah bermain di pantai ini.

Pokoknya, bagi kamu yang ingin menikmati liburan bersama teman atau keluarga, berkunjung ke pantai ini tidak akan kecewa.
(bk/mat)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post