Hujan Rabu Malam, Kebumen Kota Kebanjiran. Drainase Kurang Lancar Dalam Perbaikan

Bajir di Tugu Lawet Kebumen

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Hujan deras mengguyur Kebumen pada Rabu, 13 Juli 2022 sore hingga malam. Sejumlah lokasi jalan di wilayah kota Kebumen dilaporkan mengalami bajir.

"Banjir di wilayah kota Kebumen ini karena intensitas hujan yang tinggi, tadi sudah sempat surut, tapi dari pantauan di lapangan hujan belum juga berhenti tapi dengan itensitas yang lebih rendah dari sebelumnya," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Haryono Wahyudi yang tengah melakukan pengecekan di Tugu Lawet.

Hujan dimulai pukul 18.00 WIB, sampai pukul 21.30 belum juga reda. Untuk mengatasi banjir ini, pemerintah daerah langsung melakukan penanganan dengan terjun ke lokasi, untuk memantau situasi di lapangan.

Disamping hujan tinggi, Haryono menyebut banjir juga disebabkan adanya penyumbatan di dalam drainase dan pintu air Pegadaian Kebumen. Pihaknya bersama tim BPBD masih terus melakukan pemantauan dan penanganan dengan membersihkan sampah.

"Penanganan yang dilakukan adalah sampah-sampah yang menghambat aliran air kita bersihkan. Tim semua masih terus bekerja," ujar Haryono.

Tidak hanya itu, Haryono juga menyebut di depan pasar Tumenggungan sudah tersedia alat berat yang akan digunakan untuk pembuatan atau pelebaran drainase sehingga, diharapkan wilayah kota Kebumen tidak lagi terkena banjir.

Menurutnya, penanganan banjir di seputar Tugu Lawet akan segera dilaksanakan dengan membangun Drainase di dua sisi, yakni jalan Soekarno Hatta yang akan dialihkan ke Sungai Lukulo. Demikian juga Penanganan Drainase di Jalan Sutoyo dari perempatan SMAN 1 sampai perempatan Bakso Urip akan segera dikerjakan.

"Alat berat sudah kita sediakan di depan pasar. Ini akan segara kita gunakan untuk pembuatan drainese dalam penataan kota, sehingga ke depan kita harapkan tak ada lagi bajir di kota Kebumen. Kedua paket tersebut akan selesai dikerjakan sampai pertengahan Desember," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kebumen Munadi  menyebut titik banjir di Kota Kebumen ada Perempatan Tugu Lawet, Jl. Soekarno Hatta, Jl. Hasim Asyari ke timur sampai Taman Kota,  Jl. Kaswari sebelah timur, Jl. Kusuma, Jl Sutoyo ke timur sampai utara pasar. Jl Pemuda, Jl. Suprapto, dan Jl. Merdeka depan DPRD.

"Ketinggian rata-rata 10 sampai 30 Cm," ujar Munadi.

Munadi melaporkan genangan air juga sudah terlihat di jalan depan pasar Ayah arah Logending (sekitar pasar rumput), Desa Kalibangkang, dengan ketinggian air sekitar 10-40 cm. 

"Kita masih terus melakukan asessment ke lokasi. Menghimbau pengguna jalan agar berhati hati, dan terus koordinasi dengan dinas terkait," ucapnya.
Previous Post Next Post