Idul Adha 1443 H, Bupati Kebumen Kurban 12 Ekor Sapi


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Hari Raya Idul Adha 1442 H atau tahun 2022 ini, Bupati Arif Sugiyanto melaksanakan ibadah kurban dengan memotong 12 ekor sapi, lebih banyak dari tahun sebelumnya. Semua sapi berjenis PO (Peranakan Ongole) itu dibeli dari peternak lokal menggunakan dana pribadi.


Hal itu disampaikan Bupati saat meninjau sapi kurbannya di Pendopo Kabumian, pada Sabtu (9/7). Sapi tersebut nantinya didistribusikan ke berbagai titik, seperti pondok pesantren, masjid, dan tempat-tempat lain, termasuk salah satunya ada yang disembelih  di Pendopo Kebumian.


‘’Alhamdulilah untuk tahun ini Saya kurban 12 ekor Sapi. Khusus yang satu akan kita sembelih besok pagi di pendopo Kebumen usai shalat idul Adha,’’ tutur Bupati.


Bupati memastikan sapi yang dibeli dalam kondisi sehat, bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK. Sapi yang dibeli seharga Rp25 juta dengan bobot rata-rata 500 kilo gram.

"Sapi yang kita beli dipastikan dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit PMK," ucap Bupati.


Dengan adanya wabah PMK, ia pun mengimbau kepada masyarakat agar mengutamakan ketelitian, dengan diperiksa lebih dahulu, jangan sampai sapi yang dibeli ternyata dalam kondisi sakit atau terkena virus.


‘’Jika hewan tersebut terdeteksi PMK maka segera melaporkan ke Distapang agar segera ditangani. Insya Allah akan kami obati,’’imbuhnya.


Selain itu, Bupati mengatakan penyembelihan hewan kurban yang baik adalah dengan pisau, atau alat yang digunakan jangan sampai ditukar dengan milik orang lain. Bisa juga disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), baik yang ada di Gombong atau Kebumen.


Sedangkan untuk jeroan hewan kurban sebaiknya dikubur, namun jika terpaksa ingin dibagikan disarankan direbus terdahulu agar lebih aman dikonsumsi penerimanya. Termasuk di antaranya kepala, ekor, dan kaki agar direbus dulu sebelum dibagikan.


‘’Ini dilakukan agar masyarakat lebih aman terhindar dari PMK. Akan tetapi jangan terlalu kawatir, asal dengan cara penanganan yang baik,’’ pungkas Bupati.


Diketahui Bupati bersama keluarga rencananya akan melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Agung Kauman Kebumen. Setelah itu, ia akan melaksanakan pemotongan hewan kurban di Pendopo Kabumian. 
(*/kab)
Previous Post Next Post