Mahasiswa KKN Tim II Undip Galangkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Menuju Masyarakat yang Hebat

KKN TIM II Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan sosialisasi PHBS (foto : istimewa)
KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Dalam rangka usaha preventif atau pencegahan terhadap kejadian penyakit menular yang sering merebak saat perubahan musim seperti sekarang ini, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan sosialisasi Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) bagi ibu-ibu peserta posyandu di lokasi KKN. Kegiatan ini diadakan tepatnya di Posyandu Dusun Kayuares, Desa Soka, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Rabu 20 Juli 2022.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bidan Desa setempat dan para kader yang diawali dengan posyandu rutin, yaitu pengukuran berat badan dan tinggi badan bayi dan balita. Setelah kegiatan posyandu rutin ini berjalan, Sekitar 30 ibu-ibu peserta posyandu selanjutnya berkumpul bersama untuk dilaksanakan transfer knowledge yaitu penyampaian sosialisasi tentang Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) yang dikordinatori oleh Ikaf Rahman Zaenuri, mahasiswa Program Studi Kedokteran FK Undip, sebagai salah satu peserta Tim KKN Undip Desa Soka tersebut.

 

Ikaf selaku kordinator kegiatan menjelaskan dalam sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat tersebut digunakan poster sebagai media penyampaian informasnya yang memuat pentingnya penerapan PHBS di rumah tangga serta contoh-contoh perilaku hidup bersih dan sehat yang bisa dilakukan sesuai anjuran Kemenkes.

 

‘Kami menyampaikan materi menggunakan media poster, dan memberikan contoh bagaimana perilaku sederhana yang mudah dilakukan setiap harinya, seperti cuci tangan yang baik dan benar, menggunakan jamban yang sehat, pentingnya aktivitas fisik setiap hari,  bagaimana konsumsi makanan dengan gizi seimbang, dan masih banyak kegiatan positif lainnya yang selaras dengan hidup sehat dan bersih dalam rumah tangga.”Ungkap Ikaf

 

Ikaf juga berharap informasi seperti ini tidak hanya terputus kepada peserta sosialisasi, tetapi dapat dibagikan kepada anggota keluarga serta masyarakat sekitar khususnya Desa Soka sehingga penerapan perilaku-perilaku hidup yang sehat dan bersih dapat menjadi budaya yang positif dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Saya berharap agar penerapan hidup sehat dan bersih seperti yang telah saya sampaikan dapat di share kepada anggota keluarga Ibu, tetangga dan masyarakat umum Desa Soka ya Bu, sehingga kesehatan masyarakat desa nantinya akan bergerak ke arah yang lebih baik secara bersama-sama dengan membudayanya perilaku hidup bersih dan sehat ini" pungkas Ikaf menutup sesi sosialisasi.

 

KKN TIM II Universitas Diponegoro membantu dalam kegiatan posyandu (foto:istimewa)

Sementara itu Tuti selaku bidan Desa setempat menyampaikan bahwa ibu-ibu Dusun Kayuares ini nampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena selama adanya pandemi Covid-19, mereka menyatakan belum pernah mendapatkan lagi kegiatan sosialisasi kesehatan semacam ini. Terlebih lagi kegiatan ini diusulkan oleh anak-anak muda mahasiswa KKN sehingga mereka merasa kegiatan ini menjadi sesuatu hal yang baru dan lebih tertarik untuk mengikutinya.

 

"Sangat senang bila ada kegiatan positif di desa yang dilaksanakan atas inisiatif langsung dari pemuda-pemudi, karena bagaimanapun mereka adalah penerus masa depan & perjuangan yang kita jalankan seperti sekarang ini, khususnya dibidang kesehatan masyarakat, yang mana seperti kita ketahui bahwa masyarakat desa masih rendah tingkat kesadaran dan pemahaman tentang masalah kesehatan", Ungkapnya. (BK/DR)

 -----------------------------

Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post