Ampelsari Expo Petanahan, Kebumen Internasional Expo (KIE) Skala Kecil Dilaunching Bupati


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Event serupa Kebumen International Expo (KIE) dalam skala kecil digelar di Desa Ampelsari, Kecamatan Petanahan. Event bertajuk 'Ampelsari Expo' ini resmi dilaunching Bupati Kebumen Arif Sugiyanto , Senin (15/8/2022).

"Ini adalah semacam KIE dalam sekala kecil yang patut kita apresiasi dalam rangka menggerakan perekonomian masyarakat," ujar Bupati di lokasi.

Bupati merasa bersyukur di desa-desa sekarang sudah banyak yang mengadakan expo. Menurut Bupati, sudah saatnya pemerintah desa membuat kreativitas baru untuk mengembangkan desanya agar lebih maju, sejahtera rakyatnya. Seperti halnya di Ampelsari. Kegiatan yang dibalut dengan pertunjukan budaya, dan pameran bisa mendatangkan banyak orang untuk berkumpul dan menikmati hiburan.

"Saya liat kegiatannya sudah cukup lengkap, selain pameran UMKM,  juga ada pertunjukan budaya, ada wayangan, janengan. Ini bisa mendatangkan orang untuk berkumpul dan menggerakan roda perekonomian," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati juga melaunching Kolam Renang Anak Tirtosari. Menurutnya, ini juga menjadi wahana permainan baru di petanahan yang cukup apik dikembangkan oleh pemerintah desa. Harapannya desa bisa semakin mandiri, dan berdikari.

Sementara itu Kepala Desa Ampelsari, Umi Maskanah menyatakan, kegiatan Ampelsari Expo ini berlangsung pada 15-17 Agustus 2022. Setidaknya ada 17 stand yang berisi pameran produk UMKM dari masyarakat desa setempat. 

"Ampelsari Expo juga dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang ke 77. Kita adakan beragam kegiatan, di Expo ini nantinya ada wayangan, janengan, Ampelsari bershalawat, kemudian karnaval, lomba dan pemberian hadiah yang kita berikan di malam terakhir," ucapnya.

Adapun untuk kolam renang anak ini, pihaknya juga menyediakan ruang pojok pembaca dan bakal dikembangkan tempat bermain anak. Sehingga anak punya ruang yang asyik untuk bermain, sekaligus bisa mengasah perkembangan motorik anak.

"Di sini kita juga baru saja melaunching kolam renang anak Tirtosari, yang di dalamnya  akan kita kembangkan wahana permainan anak. Kita ingin anak-anak di sini bisa bermain dengan asyik dan aman, sehingga mereka senang, dan bisa melatih perkembangan motorik anak," ucapnya.

Selama KIE juga disediakan layanan pembuatan e-KTP atau administrasi kependudukan bagi warga desa yang belum memiliki atau mau memperbaharui. Dengan pelayanan ini, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kota Kebumen. (bk/mat/kab)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post