Gandeng Karangtaruna, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Gelar Pelatihan Pemasaran Usaha dan Pengelolaan Bumdes Desa Soka


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran Usaha dan Pengelolaan Bumdes,  KKN TIM II UNDIP Tahun 2022 bekerja sama dengan Karangtaruna Brawijaya Desa soka mengadakan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di GOR Desa Soka Kecamatan Poncowarno, Sabtu, 30 Juli 2022

 

Selain dari mahasiswa KKN, kegiatan pelatihan pemasaran Usaha dan Pengelolaan Bumdes juga mendatangkan narasumber Ketua Yayasan Pandjer School Agung widianto, S.I.P.,M.Sc.,Fil.M. Kegiatan pelatihan diikuti 30 peserta dari pengurus Bumdes, pemilik UMKM maupun karang taruna.

 

Salah satu mahasiswa yang juga sekaligus kordinator kegiatan Rama menjelaskan bahwa  pemasaran merupakan hal yang penting bagi keberjalanan usaha, pengelolaan pemasaran yang baik akan meningkatkan penjualan yang digunakan untuk menutup biaya produksi. Perkembangan tehnologi yang semakin pesar, merubah pola pemasaran saat ini denngan menggunakan social media.

 

“Indonesia sendiri yang jumlah populasinya mencapai 274 juta jiwa lebih dari setangah populasi sudah menjadi pengguna aktif social media. Oleh karena itu pemasaran melalui social media menjadi penting karena perkembangan zaman. Social media marketing pada intinya merupakan bagaimana cara kita menarik perhatian orang di dunia maya agar mereka tertarik untuk membeli produk yang kita jual.”Ujar Rama Mahasiswa prodi Administrasi Bisnis ini

 

Rama juga  menjelaskan bahwa strategi untuk bermain social media itu harus paham terkait selera audiens/ konsumen , pemilihan platform media social, membuat kontek yang menarik, menjadwalkan konten dan yang terpenting ialah selalu dilakukannya evaluasi untuk memantau kinerja akun media social. Dalam penyampaian materi kali ini, juga dijelaskan bagaimana langkah untuk melakukan pemasaran usaha melalui salah satu platform media sosial yakni instagram.

 

"Pemasaran melalui social media merupakan hal yang simple, efisien dan leih murah jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Akan tetapi hal tersebut sering dilupakan oleh pemuda. Oleh karena itu sebagai pemuda harus lebih bijak dalam menggunakan sosial media." Jelas Rama saat menyampaikan materi.

 


Sedangkan Narasumber kedua Agung widianto, S.I.P.,M.Sc.,Fil.M. menyampaikan materi pembelajaran mengenai pengelolaan BUMDES dan menjelaskan tentang bagaimana cara memulai usaha melalui BUMDES, menjelaskan terkait berbagai permasalahan yang dihadapi BUMDES dan di akhir sesi peserta juga diajak untuk melakukan praktik peran menjadi sales untuk memasarkan sebuah produk.

 

Sementara itu, Rosyid selaku wakil ketua karang taruna Desa Soka menyampaikan bahwa adanya kegiatan kali pembelajaran mengenai Bumdes ini harapannya kedepan bisa mencetak kader ataupun generasi penerus Bumdes di Soka.

 

" Pelatihan ini sangat menarik untuk kita selaku  pemuda, kedepannya juga bisa dilakukan lagi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita utamanya mengenai Bumdes, apalagi melihat kondisi Bumdes disini yang masih jalan di tempat". Ujarnya. (BK/DR)



-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post