Harga Pertalite, Solar dan Pertamax Resmi Dinaikkan. Berikut Harga Terbarunya


NASIONAL, beritakebumen.co.id - Pemerintah ahirnya resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite, Solar dan BBM non subsidi Pertamax. Presiden Joko Widodo mengumumkan langsung kenaikan harga BBM tersebut di Istana Merdeka yang ditayangkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/9/2022). Harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB. 

"Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian," ujar Presiden Jokowi. 

Jokowi mengatakan, anggaran subsidi pemerintah sudah meningkat 3 kali lipat dari  Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan itu akan meningkat terus. Lebih dari 70% subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil pribadi.

"Mestinya uang pemerintah itu diberikan untuk subsidi bagi masyarakat kurang mampu. Subsidi harus menguntungkan masyarakat kurang mampu," kata Jokowi.

Daftar harga terbaru Pertalite, Solar dan Pertamax dijabarkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif saat mendampingi Jokowi sebagai berikut:

  • Harga Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter 
  • Harga Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter 
  • Harga Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter

"Ini berlaku 1 jam sejak diumumkan, pada pukul 14.30 WIB," kata Arifin.
(bk/mat)
-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post