Jadi Doodle Google Hari Ini, Begini Sejarah Mangkuk Ayam Jago


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Mangkok bergambar ayam jago tampil di halaman utama google atau menjadi google doodle hari ini, Senin (12/9/2022). Mangkok khas yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia ini biasa dipakai oleh pedagang bakso atau mie ayam. 

Tampak doodle tersebut menampilkan gambar mangkuk berwarna putih dengan ikon ayam jantan berekor hitam dan bunga peony serta daun pisang. Mengapa mangkok ini begitu spesial hingga google menjadikannya doodle?

Usut punya usut, desain mangkok putih bergambar ayam jago tersebut bukan berasal dari Indonesia. Mangkuk ayam jago itu sendiri dikenal sebagai Lampang Rooster Bowl, desain peralatan tradisional yang populer di Provinsi Lampang, Thailand.

Menurut laman resmi Google doodle, mangkuk ayam jago tersebut pertama kali diimpor ke Thailand dari China.

Peralatan dapur tahan lama ini banyak digunakan oleh negara-negara di Asia, sehingga pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam jago sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada 12 September 2013.

Ini berarti hukum perdagangan internasional menegaskan kualitas dan reputasi mangkuk ayam yang dibuat di wilayah tersebut.

Dalam karya seni aslinya, ayam jago melambangkan kerja keras. Sedangkan daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi keberuntungan.

"Pada 1957, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur ayam jago di provinsi Lampang, Thailand. Wilayah yang penuh dengan mineral lempung itu lebih cocok untuk pembuatan keramik," tulis Google pada laman doodle.

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan secara massal dengan desain ayam jago, mangkuk tersebut menjadi salah satu produk terlaris di kawasan tersebut, membawa stabilitas keuangan bagi penduduk lokal.

Meskipun Lampang terus memproduksi mangkuk ayam jago hingga saat ini, hanya sedikit pabrik yang mampu mendesain mangkuk ayam jago sesuai dengan gaya dan bahan tradisional.

Ini menyebabkan mangkuk ayam jago asli yang dilukis dengan tangan menjadi barang koleksi langka.

Google Doodle mangkok ayam jago. (google.com)


Google doodle mangkuk ayam jago yang dibuat oleh Helene Leroux ini tak hanya terlihat di situs pencarian Indonesia, namun juga di Thailand.

Jika pengguna membuka halaman awal pencarian Google, pengguna akan langsung melihat doodle mangkuk ayam jago tersebut. Seperti yang diketahui, pengguna dapat mengklik ikon doodle mangkuk ayam jago dan akan melihat hasil pencarian tentang topik terkait.
(bk/suara)
-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post