7 Cara Jitu Merawat Jam Tangan Kesayangan

Jam tangan. (foto: unsplash.com)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Jam tangan adalah aksesoris yang bersifat universal, bisa dikenakan oleh pria maupun wanita. Banyak model jam tangan yang tersebar di pasaran, ada yang terbuat dari bahan stainless steel, ada juga yang terbuat dari kulit.

Apapun itu bahannya, jam tangan tetap harus dirawat dengan baik agar bisa awet tahan lama. Lalu, perawatan tali jam tangan pun perlu diperhatikan agar warnanya tidak cepat pudar. Bagaimana cara merawat itu semua? Berikut beberapa cara merawat jam tangan, baik jam analog atau jam automatic.


7 Cara Merawat Jam Tangan Kesayangan Agar Tahan Lama


1. Perhatikan Tempat Penyimpanan

Agar jam tangan tidak lembab, sangat disarankan untuk memiliki tempat khusus menyimpan jam tangan. Tempatnya harus dijaga agar selalu kering. Jangan sembarangan meletakkan jam tangan di suhu terlalu panas atau terlalu dingin, karena hal itu bisa berpengaruh pada warna jam di area tali atau kepala jamnya.

2. Jauhkan dari Parfum dan Lotion

Menghindari paparan lotion dan parfum adalah salah satu upaya untuk merawat jam tangan agar tetap awet tahan lama. Parfum dan lotion memiliki bahan kimia yang bisa membuat warna stainless steel pada jam tangan cepat pudar. Jadi, ketika mau menggunakan lotion atau parfum, sebaiknya lepas dulu jam tangannya.

3. Biarkan Jam Tangan ‘Bernafas’

Intensitas pemakaian yang sering akan menimbulkan kelembapan di area tali jam tangan. Kelembapan itu biasanya datang dari keringat penggunanya. Jika tali pada jam tangan lembab, bukan hanya membuat warnanya pudar, tapi juga bisa berpotensi mengeluarkan aroma tak sedap.
Untuk itu, disarankan tidak terlalu sering menggunakan jam tangan. Alangkah lebih baik simpan dulu jam tangan pada penyimpanan khusus selama beberapa hari. Biarkan jam tangan ‘bernafas’ sebelum siap dipakai kembali.

4. Lepas Tali Jam Tangan Sebelum Dibersihkan

Sebelum membersihkan jam tangan, sebaiknya lepas dulu bagian talinya. Biasanya hal ini mudah dilakukan untuk jam tangan kulit. Melepaskan tali dengan jamnya bisa mengurangi resiko kerusakan pada mesin jam tangan.

5. Lap dengan Kain Microfiber

Jika Anda memiliki jam tangan berbahan stainless steel, sebaiknya lap area tali dan jam tangannya secara rutin untuk mengurangi noda dan debu yang menempel selama pemakaian. Jika noda atau debu itu dibiarkan maka akan merusak permukaan stainless steel-nya. 
Namun perlu diperhatikan juga ketika mengelap jam tangan, pastikan tangan Anda bersih dan gunakan kain bersih. Selain itu, pilihlah kain berbahan lembut seperti microfiber. Tips ini juga bisa diterapkan untuk jam tangan berbahan kulit, ya.

6. Gunakan Pembersih Khusus

Setelah melepas tali dari jamnya, kini saatnya membersihkan jam tangan. Seperti yang diungkap pada poin sebelumnya, sebaiknya gunakan kain microfiber yang lembut untuk membersihkannya. Agar proses pembersihan lebih maksimal, gunakan cairan pembersih khusus jam tangan juga, ya.

7. Poles Bagian Stainless Steel

Khusus untuk pemilik jam tangan berbahan stainless steel, sebaiknya poleslah jam tangan secara berkala. Agar warna stainless steel terlihat tetap seperti baru, cobalah poles dengan cairan khusus dan gosok secara perlahan.

Tidak sulit merawat jam tangan, karena intinya hanya perlu memastikan jam tangan tetap kering dan terhindar dari debu. Selain itu, jika baterai jam tangan sudah mulai habis, sebaiknya ganti dengan baterai original.

Sekarang, sudah tahu cara merawat jam, kini saatnya memilih jam tangan yang keren agar penampilan lebih memukau. Salah satu produk jam tangan yang bagus dan stylish adalah Jam Tangan Alba yang bisa dibeli di Blibli.

Blibli menawarkan berbagai model jam tangan dari Alba dengan harga yang variatif. Agar belanja lebih hemat, manfaatkan gratis ongkir dan voucher diskonnya. Sudah siap tampil keren pakai jam tangan merek Alba? Segera borong di Blibli, ada potongan harga 20% lho!


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post