Tumbuhkan Kreativitas Siswa, SMK N 2 Kebumen Gelar Kegiatan Bulan Bahasa

Prosesi lomba batik dalam rangka bulan bahasa oleh perpustakaan belantara kata SMKN2 Kebumen (foto:eko)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Guna menumbuhkan kreativitas siswa, daya juang, kemampuan berpikir kritis, dengan tetap melestarikan budaya bangsa, Perpustakaan Belantara Kata SMKN 2 Kebumen melaksanakan rangkaian kegiatan bulan bahasa yang terdiri dari lomba membaca puisi, lomba menulis artikel ilmiah, dan lomba menggambar motif batik.

 

Rangkaian kegiatan yang bertemakan ‘Bangkit Bersama Meraih Cita’ ini dibuka oleh Kepala SMKN 2 Kebumen Nurul Aini, S.Pd., M.Pd. Kamis, 13 Oktober 2022 di dampingi para wakil kepala sekolah dan Kepala Perpustakaan Nuri Indrayani, S.Pd., M.Pd. serta diikuti oleh peserta perwakilan masing masing kelas.

 

Kepala SMKN 2 Kebumen melalui Nuri Indrayani selaku kepala perpustakaan mengatakan semua peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan. Terbukti pada perlombaan menggambar batik hasil goresan tangan mereka sangat kreatif dan menawan.

 

“Untuk Peserta lomba batik mengambil tema batik lokal maupun nusantara sesuai kreativitas masing-masing peserta, peserta sangat antusias dalam mengikuti perlombaan ini.”Ujarnya

 

Nuri juga menambahkan untuk para peserta lomba puisi diminta untuk membuat video pembacaan puisi dan selanjutnya video-video ini diunggah di channel Youtube Perpustakaan Belantara Kata SMKN 2 Kebumen untuk mendapat dukungan dari teman-teman lainnya.

 

Bagi peserta lomba membaca puisi yang mendapatkan viewer terbanyak maka akan menjadi juara favorit, di samping ada juara umum yang ditentukan oleh dewan juri.”Imbuhnya

 

Sementara itu dalam lomba menulis artikel ilmiah, siswa diarahkan untuk memunculkan ide-ide cemerlang terkait permasalahan yang mereka temukan di sekitarnya. Wujud artikel ilmiah ini berupa gagasan tertulis yang dibuat oleh siswa sesuai dengan kreativitas masing-masing. Tentu saja dengan memerhatian pedoman penulisan karya ilmiah yang sudah ditentukan oleh dewan juri.

 

Nuri berpesan kepada para peserta lomba untuk senantiasa menumbuhkan kreativitas, semangat berjuang, pantang menyerah, jujur, dan selalu menjunjung tinggi budaya bangsa.

 

Di era 4.0 ini, siswa harus mampu bersaing sehingga ketika memasuki dunia kerja, mereka sudah memiliki bekal yang cukup dan bisa bertahan menghadapi tantangan dunia industri. Kami berharap anak anak selalu sigap, bersemangat tinggi, dan senantiasa mengembangkan potensi diri dalam rangka meraih cita-cita.”Pungkas Nuri (BK/DR)



-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post