173 Angkutan Umum di Kebumen Dapat Bantuan BBM Gratis


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pemerintah Kabupaten Kebumen memberikan bantuan langsung tunai (BLT) BBM gratis untuk angkutan umum. Hal ini didasarkan pada Peraturan Bupati Kebumen Nomor 71 Tahun 2022 Tentang Belanja Bantuan Sosial BBM Bagi Armada Angkutan Umum Desa. 

Pemberian bantuan berlangsung di Alun-alun Kebumen oleh Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih mewakili Bupati Arif Sugiyanto yang berhalangan hadir karena mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Kebumen, Selasa (15/11).

Ada 173 armada yang mendapat bantuan BBM gratis. Terdiri dari 99 armada dengan tempat duduk 12, dan 74 armada dengan tempat duduk 16 kursi. Jenis BBM yang diberikan yakni Pertalite dan Biosolar. Untuk armada 12 Seat masing-masing mendapat 145 liter, dan armada 16 Seat masing-masing mendapat 305 liter.

"Bantuan akan diberikan dengan tiga tahap, dari November ini selama dua kali, dan terakhir akan kita berikan pada bulan Desember mendatang, kita berikan dalam bentuk kupon nanti tinggal ditukar di Pom bensin yang telah ditentukan tempatnya oleh pemerintah," ujar Ristawati.

Rista menyatakan, bantuan ini diberikan dalam rangka pengendalian inflasi yang terjadi di masyarakat. Adapun mereka yang berhak mendapat bantuan adalah angkutan umum yang telah memiliki izin trayek, memiliki Kartu Uji Berkala Kendaraan Bermotor yang masih berlaku, dan memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan yang masih berlaku.

"Pesan dari Bupati dengan adanya bantuan ini jangan sampai ada kenaikan tarif angkutan umum, karena kondisinya sekarang masih serba sulit, jadi jangan sampai masyarakat semakin tambah terbebani," terangnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Kebumen Slamet Mustolkhah menyampaikan bahwa pelaksanaan program ini dibebankan pada Pagu Anggaran Bantuan Sosial bahan bakar minyak sebesar Rp300.000.000.

Kemudian pada kesempatan tersebut juga diberikan bantuan Program Konversi Bahan Bakar Minyak ke Bahan Bakar Gas untuk Petani dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan PT Pertamina. Bantuan diberikan kepada 548 petani.

"Paket bantuan yang diserahkan berupa mesin pompa 3 inch, converter kit, regulator, selang hisap, selang buang dan tabung gas 3 kg dan selang," jelasnya. (*)



-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post