Gandeng Kampus UPB, Paguyuban SRC Kebumen Gelar Audisi Tari Cepetan



KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Dalam rangka melestarikan budaya Kebumen, Paguyuban SRC Kebumen bersama UKM Tari Universitas Putra Bangsa gelar Audisi Tari Cepetan, Kamis, (24/11/22). Acara berlangsung di Aula Universitas Putra Bangsa dan diikuti sebanyak 14 tim dari kategori umum.

 

Tari Cepetan sendiri merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dimana tarian ini sangat unik karena menampilkan sendratari dengan seluruh pemainnya menggunakan topeng berbagai karakter.

 

Hadir dalam kegiatan Rektor Universitas Putra Bangsa Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M.,  dosen serta civitas akademika Universitas Putra Bangsa, Ketua II Paguyuban SRC Kebumen, Joko Fitra , S.Pd, M.Sc, M.M., Anggota Paguyuban SRC Kebumen, orang tua peserta audisi dan mahasiswa UKM Tari UPB.

 

Joko menyampaikan bahwa acara yang bertajuk “Semanger Got Tallent” ini bertujuan untuk menambah semangat untuk melestarikan kesenian Kebumen.

 

“Semanger Got Tallent ini bertujuan untuk menambah semangat berkarya serta melestarikan dan membina budaya lokal dalam kesenian tari, khususnya tari cepetan yang merupakan tarian tradisional khas Kebumen” Ucap Joko disela sela kegiatan

 


Lebih lanjut Joko menyampaikan bahwa pemenang akan mendapat hadiah berupa uang pembinaan, sertifikat, dan untuk juara 1 berhak tampil dalam Acara Paguyuban SRC se Barlingmascakeb yang diselenggarakan di Purwokerto.

 

Proses penjurian dilakukan langsung ditempat setelah perlombaan selesai. Menghadirkan 3 Juri handal, Vera Setia Pratama, S.Pd yang merupakan pelatih UKM Tari UPB, Marwoto,S.Sn guru seni budaya SMA N 1 Rowokele dan Cathlin Calista Listyanto berasal dari ISI Yogyakarta.

 

Keluar sebagai pemenang, Derap Gemilang Anak Bangsa yang berasal dari Sanggar Dhea, disusul Tim dari SMP N 1 Gombong sebagai juara 2 dan tim cepetan SMP N 1 Buayan sebagai juara 3. (BK/*)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post