Bupati Himbau Masyarakat Tak Main Petasan Saat Ramadhan


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Bupati Arif Sugiyanto mengimbau kepada seluruh masyarakat Kebumen khususnya para anak muda agar tidak bermain petasan saat bulan suci Ramadhan. Pasalnya, Kebumen pernah berduka dengan meninggalnya empat orang remaja karena petasan di Desa Ngabean, Kecamatan Mirit, lebaran tahun lalu.

Hal itu disampaikan Bupati didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bersama pimpinan OPD usai shalat tarawih bersama dan silaturahmi di Masjid Al-Muhtadin, Kelurahan Wonokriyo, Kecamatan Gombong, Selasa (28/3). 

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya anak muda di Kebumen agar tidak lagi bermain petasan. Tahun lalu kita semua berduka karena saudara kita di Mirit harus meninggal karena kejedoran petasan. Peristiwa ini jangan sampai terulang lagi," ujar Bupati.

Bupati juga meminta kepada para orangtua untuk memberikan pengawasan terhadap anak-anaknya. Jangan sampai anak hilang kendali yang bisa merugikan keluarga sendiri. Sering kali kata Bupati, kebiasaan anak tidak terkontrol, baik pada saat menyendiri di rumah atau saat bermain dengan lingkungannya.

"Kalau ada anak main petasan, orangtua harus bisa menegur. Lebih baik diarahkan untuk membeli mainan yang lebih aman dan bermanfaat. Saya kira  peran orangtua di sini sangat penting untuk mengawasi dan membimbing anaknya agar jangan sampai hal-hal buruk terjadi," terang Bupati.

Diketahui tahun lalu, telah terjadi ledakan petasan dengan jumlah besar yang mengakibatkan empat orang meninggal dunia. Peristiwa itu terjadi jelang malam lebaran. Karena ledakannya yang begitu dahsyat, rumah yang dijadikan tempat untuk meracik petasan pun hancur berantakan. 

Bupati tak ingin peristiwa itu terulang lagi.

"Kita benar-benar tidak ingin peristiwa kelam itu kembali terjadi. Untuk itu, saya mohon masyarakat agar tidak melakukan hal-hal yang bisa membahayakan diri sendiri dan keluarga. Kita ingin menjalani Ramadhan ini dengan penuh keberkahan dan keselamatan," jelas Bupati. 

Dalam tarawih dan silaturahmi ini, Bupati aktif membuka ruang dialog bagi masyarakat. Pihaknya menyatakan terbuka dengan masukan dan kritik dari masyarakat apabila ada kebijakan yang salah.

"Melalui wadah Lapor Cepat Bupati kami siap menerima masukan dan kritikan dari masyarakat," tandasnya.

Untuk lapor cepat bisa di website laporbup.kebumenkab.go.id, WA Nomor 08112634556 FB Pemkab Kebumen  IG @pemkabkebumen. (kab)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post