1,3 Ribu Ton Beras Gratis Dibagikan untuk Warga Kebumen Tiap Bulan


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Masyarakat tidak mampu di wilayah Kabupaten Kebumen mendapatkan 10 kg beras tiap bulan selama tiga bulan kedepan. Adapun jumlah penerimanya sebanyak 132.457 penerima manfaat yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan tersebar di seluruh kecamatan di Kebumen.

Penyerahan perdana bantuan program cadangan pangan pemerintah (CPP) 2023 ini resmi disalurkan kepada masyarakat oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Kecamatan Ambal dan Bonorowo, Sabtu (8/4).

Di Kecamatan Ambal, Bupati menyerahkan bantuan di Balai Desa Benerkulon, sedangkan di Kecamatan Bonorowo diserahkan di Balai Desa Bonjoklor. Masing-masing warga penerima manfaat menerima 10 Kg beras yang didatangkan dari Perum Bulog Kebumen.

"Hari ini Alhamdulillah kita telah menyerahkan bantuan pangan berupa beras masing-masing 10 Kg untuk warga penerima manfaat. Ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan dari dampak inflansi, terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri," ujar Bupati di lokasi.

Bupati menyebut, di Kecamatan Ambal ada 6.371 penerima manfaat yang menerima bantuan ini dengan jumlah 63.710 ton beras. Adapun di Kecamatan Bonorowo ada 1.994 penerima manfaat yang mendapat bantuan dengan jumlah 19.440 ton beras.

"Bantuan pangan beras ini kita bagikan di semua kecamatan yang ada di Kebumen. Setiap hari dijadwal, untuk tahap pertama penyaluran pada bulan April ini. Bantuan ini diberikan selama tiga kali sampai dengan bulan Juni mendatang," terang Bupati. 

Total  bantuan beras yang diberikan untuk warga Kebumen sebanyak 1.324,57 ton untuk  132.457 penerima manfaat. Penerima bantuan merupakan warga miskin yang datanya sudah masuk dalam DTKS. 

"Kami meyakini bantuan beras gratis tersebut bisa meredam kesulitan warga miskin terhadap lonjakan harga pangan, khususnya beras. Ada 132.457 keluarga di Kebumen tidak perlu ke pasar beli beras selama tiga bulan," ujar Bupati seperti yang telah disampaikan sebelumnya.

Ia juga menegaskan bantuan beras yang disalurkan berkualitas bagus karena dibeli dari petani lokal pada saat panen raya bulan Maret 2023. Ini sekaligus untuk menghidupi perekonomian para petani.

"Yang patut kita syukuri pada 2022 lalu produksi beras di Kebumen mengalami surplus sebanyak 176.126,23 ton. Dengan begitu Insya Allah kebutuhan pangan kita cukup, karena kemarin kita juga sudah memasuki masa panen raya nasional yang dihadiri Presiden Jokowi," tandasnya.

Salah seorang penerima bantuan dari Desa Benerkulon Nur Fauziyah menyambut gembira dengan adanya bantuan tersebut. Ia bersyukur bisa mendapat bantuan beras dari pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan makan sehari-hari. Terlebih menjelang lebaran, dimana kebutuhan pokok meningkat.

"Alhamdulillah bersyukur, bisa untuk menambah stock pangan keluarga untuk beberapa hari ke depan. Bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli kebutuhan lain. Terima kasih untuk Bupati dan pemerintah kabupaten Kebumen," ucapnya.(mat/kab)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post