Ram Check Kendaraan Jelang Lebaran, Tujuh Bus Kedapatan Tak Sesuai Izin Trayek


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pemkab Kebumen bersama Polres Kebumen melakukan pengecekan kendaraan angkutan umum Lebaran menjelang Hari Raya Idul Fitri di Terminal A Kebumen, Selasa (11/4)

Kegiatan ini untuk memastikan kendaraan angkutan umum layak jalan sehingga bisa meminimalisir kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Terlebih pada saat momen mudik lebaran dan arus balik.

Kepala Disperkimhub Kabupaten Kebumen Slamet Mustolkhah mengatakan, kendaraan yang dilakukan pengecakan ini merupakan angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Dimana petugas mengecek buku KIR dan fisik kendaraannya. Sedangkan pihak kepolisian mengecek kelengkapan pengemudi.

"Ram check ini kami bekerja sama dengan Polres Kebumen. Adapun yang kami cek ini meliputi buku KIR, rem, lampu, ban, pemecah kaca, jumlah kursi dan lainnya," kata Slamet.

Menurutnya, ram check rutin dilaksanakan pada saat menjelang lebaran dan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tujuannya untuk memastikan kendaraan angkutan umum laik jalan dengan harapan bisa meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

"Kami ingin memastikan, angkutan umum yang akan mengangkut para pemudik laik jalan sehingga bisa minimalisir kecelakaan lalu lintas," terangnya.

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Kebumen Iptu Mariman mengatakan, pemeriksaan kendaraan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi para pemudik yang menggunakan jasa angkutan umum. 

Selain kelayakan kendaraan, petugas juga memeriksa kelengkapan administrasi kendaraan, berupa SIM dan STNK. Hasilnya untuk pengecekan kelengkapan administrasi ditemukan tujuh bus tidak sesuai ijin trayeknya.

"Kami sudah melakukan pembinaan," ucapnya.

Adapun untuk pengecekan fisik, dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap sejumlah unit bus, kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan siap untuk membawa para penumpang. 

"Jaminan keselamatan bagi para pemudik penting, sehingga pemeriksaan kelaikan kendaraan yang akan beroperasi saat Lebaran ini penting dilakukan," pungkasnya. 

Kegiatan ini akan berlangsung sampai dengan Kamis 13 April 2023. Lokasi pemeriksaan atau pengecekan meliputi Terminal Tipe A kebumen, pool bus AKAP, dan terminal tipe C. (mat/kab)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post