Inilah Moro Soetta, Magnet Baru Kota Kebumen


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Moro Soetta yang berada di Jalan Soekarno Hatta Kebumen kini selalu ramai dipadati para pengunjung. Terlebih pada malam hari, Moro Soetta menjadi tempat baru yang digemari para anak muda. 

Hal ini bisa terlihat dari sepanjang Tugu Lawet hingga Tugu PKK. Dengan desain tata kota yang baru, Jalan Soekarno Hatta yang diinisiasi oleh Bupati Arif Sugiyanto mampu menjadi daya tarik sendiri di hati warga. 

Layaknya wisata baru, Moro Soetta juga telah mampu menggerakan perekonomian masyarakat. Pasalnya, jalan yang tadinya sepi, kini sudah ramai dipadati pedagang. Bahkan persis di depan pasar Tumenggungan, juga ada food court yang menyediakan aneka kuliner khas Kebumen. Waktu buka toko juga lebih panjang. Biasanya hanya sampai jam 17:00, kini sudah sampai malam seperti swalayan.

Bupati menyatakan, kehadiran Moro Soetta sengaja didesain untuk menampilkan wajah baru dari kota Kebumen. Dengan semboyan "Kebumen Manglingi", Bupati ingin membuat kota ini menjadi sesuatu yang beda dari sebelumnya. Dengan harapan bisa menjadi daya tarik masyarakat.

"Moro Soetta ini sebenarnya merupakan upaya kami untuk menampilkan sesuatu yang beda dari Kota Kebumen. Kita buat sedemikian rupa agar orang itu mau datang ke sini dan merasa nyaman, enjoy berada di Moro Soetta," ujar Bupati, dalam keterangannya, Senin (29/5).

Goalnya, kata Bupati, tentu saja Moro Soetta bisa menjadi destinasi wisata baru, serta bisa menggerakan perekonomian masyarakat. Ia sendiri melihat Moro Soetta sudah ramai dipadati banyak orang untuk bersantai, dan aktivitas lainnya. 
Di koridor Moro Soetta juga tersedia wifi gratis bagi para pengunjung.

"Saya sendiri kadang datang di sana bareng kepala dinas untuk membicarakan program-program pemerintah daerah. Dan saya liat masyarakat sangat enjoy menikmati malam di Moro Soetta. Jalan yang tadinya sepi sekarang jadi ramai," terangnya.

Sementara itu, Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo menambahkan pusat kuliner Moro Soetta ada di depan pasar Tumenggungan. Di situ tersedia 29 food court yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Food court buka dari pukul 18.00 WIB hingga 00.00 WIB. 

"Sesuai arahan Bapak Bupati, Moro Soetta dirancang untuk menumbuhkembangkan UMKM, karena itu di sini kita sediakan Food court untuk para UMKM Kebumen yang secara tidak langsung telah meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Juniadi.

Agar semakin menarik, tutur Juni juga disediakan live musik dari musisi atau penyanyi lokal. Pihaknya memberikan kesempatan bagi para artis lokal Kebumen untuk tampil bermusik di Moro Soetta setiap malam minggu.

"Alhamdulillah ini bisa menambah daya tarik sendiri, membuat para pengunjung semakin betah. Bagi yang mau nyumbang lagu juga dipersilakan. Jadi bagaimana kita membuat orang datang ke sini bisa terhibur," jelasnya. (*/kab)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post