Alun-alun Kebumen Mulai Direnovasi, Waktu Pengerjaan 2 Tahun


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Jangan kaget jika anda melihat alat berat membongkar Alun-alun Kebumen saat ini. Sebab, sedang ada pekerjaan renovasi untuk merubah wajah alun-alun Kebumen.

Pemerintah Kabupaten Kebumen tengah melakukan renovasi Alun-alun. Ronovasi tersebut bakal memakan waktu selama dua tahun, hingga 2024 mendatang.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan renovasi alun-alun dilakukan sebagai bagian dari penataan wajah kota Kebumen agar terlihat lebih rapih, indah, dan nyaman.

"Ini bagian dari penataan Kota Kebumen yang sudah dicanangkan sejak lama. Kita ingin kota tercinta ini terlihat lebih rapi, indah, nyaman, dan maju masyarakatnya, karena itu perlu sebuah tatanan baru yang lebih modern," ujar Bupati dalam keterangannya, Minggu (2/7).

Bupati menyampaikan, Alun-alun Kebumen nantinya akan diberi nama Alun-alun Pancasila. Hal ini karena alun-alun direnovasi  untuk mendukung Profil Pelajar Pancasila. Untuk itu, alun-alun bakal diberi ruang bagi masyarakat untuk berkegiatan sosial.

"Alun-alun itu ada ruang untuk olahraga, jogging track, kemudian area pertunjukan seni. Kita buatkan dua panggung kecil untuk kegiatan masyarakat. Lalu ada taman bermain, dan lampu penerangan. Kita beri nama Alun-alun Pancasila untuk mendukung Profil Pelajar Pancasila," terang Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Yanie Giat Setyawan menambahkan, alun-alun Kebumen nantinya akan lebih lebar dari sebelumnya dengan menambah luas dari area jalan sebanyak lima meter. Kemudian trotoarnya lebih turun sedikit agar lebih ramah bagi disabilitas.

"Ini agar lebih ramah untuk kaum disabilitas. Kalau sekarang trotoarnya terlihat lebih tinggi," ucap Yanie. 

Menurut Yanie Giat, khusus penggunaan di hari jumat, nantinya parkir kendaraan bisa masuk alun-alun sehingga tidak menggangu bahu jalan pada saat pelaksanaan shalat Jumat di Masjid Kauman Kebumen. Kemudian air mancur depan pendopo akan digeser ke dalam Alun-alun. Pohon-pohon akan ditata lagi. 

"Untuk pohon-pohon itu tidak semua kita tebang ya, karena itu masuk penghijauan. Terutama pohon-pohon besar," ucapnya.

Lebih lanjut Yanie menuturkan, pembangunan alun-alun Kebumen akan berlangsung selama dua tahun. Untuk tahun ini anggaran yang disiapkan sebanyak Rp10 Miliar. Nantinya di sisi timur alun-alun akan dibuat pusat kuliner berbentuk kapal untuk para Pedagang Kaki Lima. 

Sebagai catatan alun-alun Kebumen saat ini sudah mulai dipugar. Masyarakat yang akan menggunakan alun-alun untuk menyesuaikan diri.

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post