Ormas di Kebumen Dapat Hibah Ratusan Juta dari Pemkab


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pemkab Kebumen memberikan bantuan hibah total ratusan juta kepada organisasi masyarakat (ormas) di wilayah Kabupaten Kebumen.  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyerahkan bantuan secara simbolik di Ruang Arungbinang, Kompleks Pendopo Kabumian, Selasa (25/7) 

Ada 12 organisasi masyarakat yang menerima bantuan tersebut. Dimana paling banyak atau mayoritas merupakan karangtaruna, dan satu di antaranya PC Ansor Kebumen. Besaran bantuan yang diberikan beragam, ada yang Rp80 juta, Rp20 juta, dan Rp10 juta.

"Alhamdulillah hari ini kita serahkan hibah bantuan keuangan untuk ormas, banyak dari mereka ini adalah dari karangtaruna di sejumlah kecamatan di Kebumen, tadi datanya ada 12 penerima," ujar Bupati.

Bupati menyebut total anggaran yang disiapkan dari APBD adalah sebesar  Rp200 juta. Bantuan tersebut akan langsung ditransfer ke masing-masing rekening penerima.

"Bantuan tersebut nantinya bisa digunakan untuk mendukung kegiatan organisasi," ucapnya.

Bupati menjelaskan, bahwa dana APBD 2023 digunakan  juga untuk  bantuan, baik bantuan untuk ormas, bantuan pendidikan, bantuan sosial, dan juga bantuan yang bersifat padat karya. Banyak bantuan yang diberikan untuk masyarakat membuat anggaran semakin terbatas.

"Jadi kalau ada nanya? Pak Bupati, kok infrastruktur jalan nggak dibangun-bangun, banyak yang rusak. Ya, saya jawab mohon bersabar, karena anggaran tidak hanya untuk infastruktur, kita juga banyak mengeluarkan anggaran untuk dana-dana bantuan, seperti sekarang ini," ucap Bupati.

Karena itu, Bupati berharap ini bisa dipahami. Ia menyatakan untuk membangun semua jalan rusak di Kebumen membutuhkan anggaran lebih dari Rp1 triliun. Dengan keterbatasan itu, maka otomatis pembangunan akan dilakukan secara bertahap.

"Bukan berarti tidak dibangun, pasti dibangun, tapi memang harus menunggu. Kita juga berupaya menggunakan cara lain, meminta bantuan dari Pemerintah pusat dan provinsi untuk perbaikan jalan. Jadi kita ingin dengan anggaran yang terbatas ini, semua bisa tercover," ucapnya. (mat/kab)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post