Ini Rangkaian Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pemerintah Kabupaten Kebumen bakal menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 dan Hari Jadi  ke-394 Kabupaten Kebumen dengan beragam kegiatan yang menarik dan meriah.

Bupati Arif Sugiyanto mengatakan, ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan dalam peringatan HUT ke- 78 Kemerdekaan RI, seperti yang pengukuhan Paskibraka, renungan suci di malam kemerdekaan, kemudian mendengarkan pidato Persiden dan upacara.

"Untuk pelaksanaan upacara nanti dilaksanakan di halaman Pendopo Kabumian," ujar Bupati usai rapat bersama pimpinan OPD dan Camat yang juga dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Puwarningsih, Senin (7/8).

Pada saat upaca kemerdekaan, nantinya bukan hanya diikuti ASN, tapi juga masyarakat dari kelompok tani dan peternak. Pasalnya, di acara itu, pemerintah daerah bakal membagikan bantuan ratusan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dan hewan ternak, sapi dan kambing.

"Ada ratusan Alsintan dan hewan ternak yang akan kita bagikan, jadi nanti para petani dan peternak juga ikut dalam upacara kemerdekaan bersama, supaya menumbuhkan semangat perjuangan para petani," terangnya.

Kemudian untuk meramaikan Hari Kemerdekaan itu juga akan diselenggarakan pertunjukan wayang golek menak Kebumen sebelum upacara penurunan bendera, dan dilanjutkan dengan karnaval pada 20 Agustus 2023 di pusat kota Kebumen. Masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi dalam karnaval tersebut.

Adapun untuk peringatan Hari Jadi Kebumen, pihaknya juga akan mengadakan beberapa kegiatan, seperti halnya ziarah ke makam leluhur para bupati Kebumen terdahulu.

Pelaksanaan peringatan Hari Jadi ke- 394 Kabupaten Kebumen akan dipusatkan di Kecamatan Ayah, nantinya di sana juga akan diumumkan pemenang lomba desa berhadiah 12 mobil, serta launching logo Kebumen TV. 

"Untuk peringatan hari jadi saya harapkan berganti-ganti lokasi. nanti bisa bergilir di tiap kecamatan. Tahun kemarin di Prembun, tahun sekarang di Ayah dengan mengambil tema "Terus Bergerak untuk Kebumen Semarak," ucap Bupati. (kab)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post