Manfaatkan Limbah Rumah Tangga, Tim KKN UNS Desa Kelapasawit Gelar Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi

 

Tim KKN UNS 146 bersama Ibu ibu PKK Desa Kelapasawit (foto:KKN UNS)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Tim KKN Universitas Sebelas Maret 146 di desa Klapasawit, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen mengadakan program pemanfaatan limbah rumah tangga. Limbah yang dimaksud yaitu minyak jelantah. Tim KKN UNS 146 di desa tersebut menilai bahwa limbah minyak jelantah dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna.

 

Kegiatan yang berlangsung pada Senin 7 Agustus 2023 dihadiri oleh ibu-ibu PKK Desa Klapasawit. Peserta kegiatan yang notabene merupakan ibu rumah tangga ini menyambut program yang diadakan tim KKN UNS 146 Desa Klapasawit dengan penuh antusias. Meskipun kegiatan berlangsung siang hari, seluruh peserta tetap mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat.

 

Seluruh peserta juga diajak mempraktikkan bagaimana caranya membuat lilin aromaterapi dari minyak jelantah. Dengan alat dan bahan yang telah disiapkan, tim KKN UNS 146 Desa Klapasawit menjelaskan setiap langkah pembuatan lilin aromaterapi. Ibu-ibu yang menjadi peserta kegiatan pun turut memperhatikan dengan seksama.

 

Alsafina Maratus Sholikhah selaku penanggung jawab program mengungkapkan pembuatan lilin aromaterapi ini dapat mengurangi limbah minyak sehingga tidak akan mencemari lingkungan.

 

“Minyak jelantah yang terlalu sering dibuang ke tanah akan mengakibatkan tanah tersebut tidak subur sehingga sulit untuk ditanami tumbuhan. Minyak jelantah yang terlalu sering dibuang ke tanah akan mencemari pasokan air di dalam tanah”, ungkapnya kepada media

 

Ibu PKK dan Mahasiswa KKN mempraktikan langsung pembuatan lilin (Foto : KKN UNS)

Sementara itu, Ketua PKK Desa Klapasawit Lili Latifah, S.H. menyambut baik serta mendukung penuh adanya program ini. Beliau berharap dengan adanya program ini masyarakat dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan limbah minyak sehingga lebih memiliki nilai guna.

 

“Saya berharap ibu-ibu PKK dapat mempelajari hal baru ini dan menginformasikannya lebih luas lagi pada masyarakat sekitar. Saya juga berterima kasih kepada tim KKN UNS 146 yang telah membagikan ilmu baru kepada kami. Pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah dapat bermanfaat untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Selain itu, lilin yang telah dibuat dapat memiliki nilai jual sehingga menambah pendapatan ibu-ibu semua,” Ujarnya

 

Di akhir kegiatan, tim KKN UNS 146 Desa Klapasawit memberikan souvernir berupa lilin aromaterapi yang telah dibuat. Pemberian lilin aromaterapi ini juga sebagai oleh-oleh dari tim KKN untuk para ibu-ibu peserta kegiatan.

 

Dengan diadakannya program ini, seluruh warga Desa Klapasawit mampu memanfaatkan limbah minyak jelantah menjadi barang yang memiliki nilai guna. Dengan demikian, minyak jelantah yang sebelumnya hanya menjadi limbah, kini bisa menjadi barang yang bermanfaat. Di sisi lain, lingkungan di Desa Klapasawit akan menjadi lebih bersih berkat berkurangnya limbah rumah tangga. (BK/dr)

Previous Post Next Post