Pilkades Serentak di Kebumen Besok Pagi, 800 Pasukan Gabungan Disiapkan


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kebumen akan berlangsung besok pagi, 12 September 2023. Sebanyak 49 desa di 22 kecamatan  dengan total calon kades sebanyak 144 orang akan berkompetisi memperebutkan kursi nomor satu di desa masing-masing.

Untuk mendukung pengamanan Pilkades serentak itu, sebanyak 800 pasukan gabungan disiagakan. Pasukan gabungan tersebut terdiri dari 338 anggota kepolisian, 200 anggota TNI, 150 anggota Satpol PP, dan sisanya dari Satuan Linmas.

Apel Gelar Pasukan pengamanan Pilkades telah digelar tiga hari jelang berlangsungnya pilkades di halaman pendopo Kabumian, Jumat (8/9) kemarin.

Apel gelar pasukan diikuti pasukan pengamanan dari Polres Kebumen, Kodim 0709 Kebumen, Satpol PP, dan Linmas. Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin selaku pembina upacara.

Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih yang mewakili Bupati dalam kesempatan tersebut menyampaikan, apel kesiapsiagaan ini adalah bentuk sinergitas,  kewaspadaan dan kehati-hatian dari pemerintah daerah untuk mengamankan jalannya Pilkades serentak yang akan berlangsung pada 12 September 2023.

"Ini bentuk sinergitas yang luar biasa antara pemerintah kabupaten dengan kepolisian dalam hal ini Polres Kebumen dan juga TNI dari Kodim 0709/ Kebumen. Kita semua bersinergi mensukseskan Pilkades serentak yang akan berlangsung 12 September besok," ucapnya.

"Kita berharap dengan kesiapan bersama pelaksanaan Pilkades bisa berjalan lancar, aman, dan terkendali. Kemudian kita juga berharap dengan Pilkades ini bisa melahirkan kepala desa yang berintegritas, bisa bekerja untuk kemajuan masyarakat desa," ucapnya.

Sementara itu, Kapolres menyatakan, dalam pengamanan Pilkades ini, pihaknya menyiapkan 800 pasukan, terdiri dari 338 anggota kepolisian, 200 anggota TNI, 150 anggota Satpol PP, dan sisanya dari Satuan Linmas. Mereka akan disiapkan untuk menjaga ketertiban masyarakat.

"Kami menempatkan minimal dua personel Polri di setiap TPS, kemudian ditambah satu personel TNI dan 2 personel  Linmas. Pada Senin sore besok anggota sudah disebar ke semua desa yang akan menggelar Pilkades," ucapnya.

Ia menyebut sampai saat ini situasi kamtibmas cukup aman terkendali. Untuk pencegahan, pihaknya melakukan patroli terpadu dengan membagi tiga rayon:  timur, tengah dan barat.

"Sementara ini cukup aman, dan kita tetap selalu siap siaga," tuturnya.

Dandim 0709/ Kebumen Letkol CZi Ardianta Purwandhana menambahkan, dalam menjaga keamanan ini, TNI dan Polri tetap menjaga netralitas, tidak mendukung kepada salah satu calon manapun. Ia berharap Pilkades serentak ini berjalan aman dan lancar.

"Kalau nantinya ada situasi yang krodite, kita dari TNI Polri akan melakukan penambahan pasukan, semua kemungkinan itu sudah kita antisipasi dan kita siapkan pengamanannya," tegasnya. (mat/kab)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post