Pusat Layanan Karier Bergerak Dilaunching untuk Kurangi Angka Pengangguran di Kebumen


KEBUMEN, beritakebumen.co.id -  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara resmi melaunching Pusat Layanan Karier Bergerak yang diberi nama Patriot (Pelayanan AK1, Karier, Info Loker Terpadu). Launching dilaksanakan usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Setda Kebumen, Minggu (1/10).

Bupati menyambut baik program layanan karier bergerak yang digagas Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kebumen. Dengan program ini, tutur Bupati, sebagai upaya menekan angka pengangguran, dimana pemerintah aktif memberikan layanan karier bagi para pencari kerja.

"Dengan layanan ini, pemerintah ingin bagaimana memudahkan masyarakat dalam proses pencarian kerja, pastinya dengan membuka informasi di bursakerja.kebumenkab.go.id, atau bisa langsung mendatangi mobil layanan karier dari Disnaker," ujar Bupati di lokasi. 

Dengan program ini, pihaknya juga memberikan layanan jemput bola, yakni dengan menyediakan satu unit mobil untuk keliling, khususnya di wilayah kantong kemiskinan ekstrem, dengan harapan masyarakat di sana bisa lebih cepat mendapatkan informasi pekerjaan.

"Mengingat angka penganguran kita masih cukup tinggi di Jateng, jadi saya minta layanan ini benar-benar dimaksimalkan. Pemerintah harus bisa hadir di tengah-tengah masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kebumen Budhi Suwanto menambahkan, PATRIOT ini merupakan kolaborasi Layanan Digital dengan menghadirkan layanan tatap muka bagi pencari kerja, masyarakat umum atau pun stakeholder dalam menyajikan informasi pasar kerja.

"Di sini kita memberikan sejumlah layanan, yaitu pembuatan kartu AK 1, dimana kartu ini sebagai syarat orang untuk mencari kerja. Beberapa yang harus disiapkan fofo copy KTP, Ijazah, dan foto 3×4 1 satu lembar," ujarnya.

Program ini, lanjut Budhi, juga memberikan layanan konsultasi karier, bagi para pencari kerja, dan calon pekerja migran Indonesia, serta bagi kaum disabilitas, dan tentu layanan informasi lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan, baik lokal, nasional maupun internasional.

"Jadi semua informasi pekerjaan itu kita tampung jadi satu, kita berikan ke masyarakat, atau bisa langsung membuka aplikasi https://siapkerja.kemnaker.go.id/  https://karirhub.kemnaker.go.id/  https://bursakerja.jatengprov.go.id atau Bursakerja.kebumenkab.go.id . Di bursa kerja Kebumen kab ini kita juga membuka layanan pembuatan AK1 atau kartu kuning. Dimana masyarakat bisa mencetaknya sendiri," ucapnya.

Budhi berharap, dengan adanya PATRIOT bisa meningkatkan keterserapan tenaga kerja, meningkatan keahlian atau ketrampilan tenaga kerja serta munculnya wirausaha di masyarakat sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan sesuai Visi-Misi Kabupaten Kebumen mewujudkan Kabupaten Kebumen Semakin Sejahtera, Mandiri, Berakhlak Bersama Rakyat. (kab)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post