Pertumbuhan Ekonomi Kebumen Tertinggi di Jateng, Bupati Imbau Perbanyak Event


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Bupati Arif Sugiyanto terus mendorong tiap-tiap kecamatan dan desa membuat event yang bisa menggerakan orang banyak. Dengan begitu, secara tidak langsung bisa ikut menggerakan perekonomian daerah.

Seperti Event Sempor Fest '23 di Lapangan Prasasti Obyek Wisata Waduk Sempor, Kecamatan Sempor, yang berlangsung, Kamis (23/11) dan event 'Semarak Budaya Kebumen' di Pasar Tumenggungan, Jumat (24/11) pagi. 

Acara menyajikan senam bersama, bazar, expo, pertunjukan musik, seni dan budaya, serta pemberian dorprize, dianggap bisa menghadirkan banyak orang, sekaligus bisa untuk menggerakan perekonomian daerah.

 Menurut Bupati, event seperti inilah yang harus terus didorong.

"Untuk mendongkrak perekonomian daerah perlu dikonsep secara matang, perbanyak event-event. Tanpa digerakan dan didorong dengan kebijakan dari pemerintah, masyarakat tidak ada gairah untuk berkumpul yang bisa memutar roda perekonomian," terang Bupati saat menghadiri Semarak Budaya di Pasar Tumenggungan.

Pemerintah Daerah, tutur Bupati, telah mencontohkan dengan adanya Kebumen Internatinonal Expo (KIE) yang sudah sukses diadakan selama dua kali tahun 2022 dan 2023. Kegiatan ini bahkan berhasil mendatangkan ratusan ribu pengunjung dari berbagai daerah, tidak hanya dari Kebumen.

"Untuk kelas kabupaten, saya bilang ini yang pertama di Indonesia, diadakan selama delapan hari berturut dengan menghadirkan artis-artis Ibu Kota. Melibatan ratusan UMKM, BUMN, BUMD, perusahaan swasta, Kementerian, instansi dan lembaga pemerintahan, pokoknya lengkap," terangnya.

Terbukti dengan adanya KIE, dan event-event lain di Kebumen, seperti Kebumen Mendegam, Kebumen Beach Half Marathon, serta konser-konser musik, pertumbuhan ekonomi Kebumen naik menjadi 5,74 persen atau  tertinggi se- Jawa Tengah, dan angka kemiskinan juga ikut turun.

"Jadi dampaknya memang benar-benar ada, inilah yang harus kita tangkap. Kita harus bisa berupaya agar  ekonomi semakin tumbuh. Perbanyak event-event di kecamatan-kecamatan bahkan sampai desa," ucapnya.

Selanjutnya, sesuai informasi yang ada pada Sabtu malam Minggu, atau 25 November 2023 akan dilaksanakan Festival Musik 76 Happii di Moro Soetta dengan menampilkan artis Ibu Kota. Yakni Ivan Seventeen, Dea Kiki, Novi Basmita, serta artis lokal yang bakal menggoyang penontong dengan musik dangdutnya. Penonton tidak dipungut biaya atau gratis.

Kemudian, ada kegiatan seni menarik lainnya berupa mural, photography challenge, BMX, Skate Board, Tari Lawet, Tari Ebeg, dan Wedangan Happii. Pihak penyelenggara juga menyediakan hadiah puluhan juta. Karena itu, kegiatan menarik ini jangan sampai terlewat.

"Alhamdulillah Moro Soetta yang tadinya jalannya sepi, sekarang kalau malam hari ramai orang bersantai, jadi pusat perekonomian di jatung kota. UMKM tumbuh dengan baik di sini," jelasnya. 






-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post