Bus Trans Kebumen Senilai 2 Miliar Mulai Diuji Coba


KEBUMEN, beritakebumen.co.id -  Pemerintah Kabupaten Kebumen mengadakan dua unit bus Trans Kebumen di tahun 2023 ini.  Anggaran yang dikeluarkan untuk pengadaan dua unit bus ini sebesar Rp 2.093.736.000, sudah termasuk biaya balik nama.

Uji fungsi/fisik mulai dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) selaku Pengguna Anggaran, dengan mengajak anak-anak sekolah di Kota Kebumen untuk merasakan kenyamanan angkutan tersebut, Senin (4/12/2023).

Kepala Disdikpora Kabupaten Kebumen Yanie Giat Setyawan mengatakan, untuk mendukung kabupaten  yang maju, pihaknya perlu menambah fasilitas umum yang bisa diakses masyarakat. Pemkab telah menyediakan dua unit Bus Trans Kebumen.

"Saat ini Pemkab sudah punya Bus Trans Kebumen sebanyak dua unit. Tadi sudah dilakukan uji fungsi/fisik dengan mengangkut anak sekolah sebagai uji coba dari pengadaan yang sudah dilaksanakan. Tadi kita cek mesin dan interiornya, berfungsi dengan baik," ujar Yanie.

Menurutnya, sementara waktu Bus Trans Kebumen akan digunakan untuk transportasi gratis anak sekolah dan wisata lokal. 

"Kalau untuk jadi bus Trans Kebumen minimal harus ada lima unit bus," ucapnya.

"Jadi ada tiga opsi penggunaan, untuk angkutan gratis bagi anak sekolah, untuk pariwisata guna mendukung Geopark Kebumen dan bisa kombinasi keduanya," tandas Yanie.

Kemudian untuk rute perjalanan, sementara baru dikembangkan ke wilayah timur sampai Prembun. Sebab, di wilayah tersebut Pemkab Kebumen sudah menyediakan empat halte.

"Jadi untuk jalur busnya nanti diarahkan ke wilayah timur sampai Prembun," terangnya.

Pemkab Kebumen kata Yanie, masih akan mengupayakan penambahan bus sehingga benar-benar bisa memenuhi syarat sebagai bus Trans Kebumen, penyediaan sarana dan prasarananya. Hal ini tentunya, sesuai arahan dan kebijakan dari Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang sedang berupaya mewujudkan  adanya transportasi publik yang layak,  aman dan nyaman.

"Insya Allah, ini memang masih perlu banyak pengembangan,  baik dari jumlah armadanya dan juga sarana prasarananya. Yang jelas Bapak Bupati punya misi bagaimana Kebumen bisa menjadi Kabupaten maju. Dan transportasi publik yang nyaman dan aman dianggap menjadi hal penting untuk diperhatikan," terangnya.

Selanjutnya, bus Trans Kebumen dengan ukuran tiga perempat ini nantinya akan dikelola oleh Disperkimhub. Namun biaya operasional untuk tahun ini masih disiapkan oleh Disdikpora. Sedang tahun depan sudah disiapkan oleh Disperkimhub. (mat/kab)

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post