Seleksi Terbuka Kepala Bappeda Kebumen, Bahrun Munawir Raih Nilai Tertinggi

Bahrun Munawir, Camat Kebumen, Peraih Nilai Tertinggi Seleksi Terbuka Calon Kepala Bappeda Kebumen. (Foto: Rahmat)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Lelang jabatan atau seleksi jabatan publik secara terbuka alias open bidding untuk jabatan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen telah usai. 

Terdapat delapan orang peserta yang mendaftar dan mengikuti serangkaian ujian seleksi. Dari delapan peserta itu, nilai tertinggi diraih Bahrun Munawir, yang saat ini menjabat sebagai Camat Kebumen, dengan nilai 83,64. Kemudian Yunita Prasetyani (Sekretaris Bappeda) pada peringkat kedua dengan nilai 81,56. Adapun peringkat ketiga diperoleh Puji Lestari (Kabag Umum Setda)  dengan nilai 81,05. Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memastikan semua proses seleksi berjalan dengan transparan. 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Moh. Amirudin menambahkan, Bupati mempunyai kewenangan untuk memilih pejabat eselon II diantara tiga besar nilai terbaik hasil seleksi tersebut 

"Jadi setelah nilai akumulatif itu keluar, Bapak Bupati diberikan kewenangan untuk memilih siapa yang akan menduduki jabatan tersebut," jelas Amir.

Yang terpenting kata Amir, bahwa proses seleksi itu berlangsung dengan transparan. Mereka telah  menjalani serangkaian seleksi atau ujian yang dinilai langusung tim Asesor di Yogyakarta. Dimulai dari seleksi administrasi, kemudian dilanjutkan penulisan makalah, paparan, CAT, psikologi, dan wawancara.

"Jadi itu yang menguji tim Asesor dari assessment center di Yogyakarta. Kita sendiri tidak kenal. Kita hanya menyerahkan dokumen admintrasinya saja, sehingga penilaian itu dilakukan transparan, dan obyektif, ada ukuran dari tim penilai," terang Amir.

Setelah menjalani tes seleksi dari tim Asesor, para peserta juga harus mengikuti seleksi wawancara oleh Tim Panita Seleksi. Baru setelah itu semua nilai digabungkan menjadi satu, dan keluarlah nilai akumulatif.  

"Di sini tidak hanya kecerdasan intelektual yang dinilai, tapi juga kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Kemudian ada team work, leadership, ada keberanian mengambil risiko. Jadi ada banyak hal yang dinilai," tandas Amir.

Dengan sudah selesainya seleksi jabatan Kepala Bappeda tersebut, maka untuk posisi jabatan eselon II di Kabupaten Kebumen akan segera terisi semua. Sebab, sebelumnya Pemkab juga sudah melakukan seleksi jabatan Staf Ahli Bupati. (mat/kab)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post