Friday, August 30, 2019

Pemerintah Kebumen Kenalkan Geopark Karangsambung-Karangbolong pada Google Asia Pasifik

Pemerintah Kebumen Kenalkan Geopark Karangsambung-Karangbolong pada Google Asia Pasifik

BERITAKEBUMEN.CO.ID - Untuk menunjang kemajuan Geopark Karangsambung - Karangbolong, Disporawisata Kabupaten Kebumen mengadakan FGD (Forum Group Discussion) dengan menghadirkan sejumlah narasumber, salah satunya perwakilan dari Google Asia Pasifik, Novita Listiani.

Narasumber lainnya yakni Ir. Djoenedi Fatchurahman, M.Si selaku Ketua Harian Badan Pengelola Geopark, ada Edi Hidayat, S.T, M.T, selaku kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Informasi dan Konservasi Kebumian (UPT BIKK) Karangsambung Kebumen LIPI di Kampus LIPI Karangsambung, Kebumen, serta Don Kardono selaku Staff Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono 

Pemerintah kebumen serius dalam membangun Geopark Karangsambung - Karangbolong yang mencakup 117 Desa dari 12 Kecamatan. Dalam FGD yang diadakan di Kampus Lipi Karangsambung (28/08) Bupati Kebumen Yazid Mahfudz mengatakan jika semua OPD sudah diinstruksikan untuk mensupport Geopark Karangsambung - Karangbolong.

"Untuk itu FGD ini diharapkan bisa untuk mengoptimalkan bersama dalam mengembangkan Geopark Karangsambung - Karangbolong sesuai dengan pemerintah pusat", jelas Bupati dalam sambutannya.

Potensi Kebumen dengan kekayaan batuan purba di Lokasi Geopark terutama Karangsambung sangat perlu untuk dijaga. Batuan purba tersebut dulunya berada didasar laut yang kemudian terangkat. 

Perwakilan dari Google Asia Pasifik, Novita Listiani begitu mengapresiasi keindahan alam di wilayah Geopark setelah melihat foto-foto yang diambil dari ketinggian. Penampakkan perbukitan batuan purba yang dimiliki oleh Kebumen begitu menakjubkan.

Dalam paparannya Novita menjelaskan bahwa google pernah bekerja sama dengan geopark di Indonesia, yakni Geopark Rinjani yang bisa dilihat melalui Google Earth maupun Google Tracker (untuk Global Audiens). Saat ini Google dalam penelusuran terbarunya telah diakses oleh 1 Milyar lebih orang perhari. 

"Diharapkan titik-titik potensial di wilayah Geopark ini bisa dibuat, selain titik-titik wisata. Karena akan semakin banyak orang tahu ketika mengakses google dengan kata kunci Geopark Karangsambung-karangbolong", lanjut beliau dalam presentasinya dihadapan peserta FGD.

Fitur-fitur baru yang dimiliki Google juga akan mempermudah dalam mengenalkan serta mempromosikan Geopark Karangsambung - Karangbolong. Seperti Google Event, Travel Guide, dan Google Art & Culture. 

Pemerintah Kabupaten Kebumen menyambut baik, dan berencana untuk bekerjasama dengan Google untuk lebih memperkenalkan kepada dunia betapa lengkap dan manakjubkannya kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong. (Yogi/BK02)


Pemerintah Kebumen memperkenalkan Geopark Karangsambung-Karangbolong pada Google Asia Pasifik
Para narasumber FGD salah satunya dari perwakilan Google Asia Pasifik. (Dok. Beritakebumen.co.id)

Baca berita terkait lainnya

BERITA TERBARU:

© Copyright 2019 Berita Kebumen | All Right Reserved