Wednesday, April 29, 2020

Pasien Positif Covid-19 Bertambah 4 Orang dan PDP dengan Hasil Lab Negatif Bertambah 20 Orang di Kebumen

Pasien Positif Covid-19 Bertambah 4 Orang dan PDP dengan Hasil Lab Negatif Bertambah 20 Orang di Kebumen

BERITAKEBUMEN.CO.ID -  Kasus virus Corona di Kabupaten Kebumen sampai dengan Rabu (29/4) sebanyak 19 kasus. Jumlah pasien sembuh Corona ada 6 orang dan meninggal ada 2 orang. 
Hal tersebut disampaikan oleh koordinator Gugus Tugas penanganan Covid-19 di Kabupaten Kebumen Cokro Aminoto, dengan para anggotanya dr Hasan Bayuni, Eko Purwanto, Iptu Tugiman
Kusbiyantoro, SKM, M.Kes.

Data ini merupakan update hingga pukul 21.55 WIB.
Pasien Positif Covid-19 Bertambah 4 Orang dan PDP dengan Hasil Lab Negatif Bertambah 20 Orang di Kebumen
Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kebumen. (corona.kebumenkab.go.id)


Pasien Positif Covid di Kabupaten Kebumen Bertambah 4 Orang


Jumlah kasus positif bertambah 4 orang, sehingga jumlah pasien yang dirawat sebanyak 11 orang. Sebelumnya, kasus positif virus Corona pada Selasa (28/4) sebanyak 15 kasus. Jumlah pasien sembuh ada 6 orang dan meninggal 2 orang.

4 Pasien tersebut diantaranya atas nama : 
(1) TS, 39, P, Positif
(Rujukan lab RS PKU Muhammadiyah Gombong)
(2) S, 48, L, Positif
(3) EH, 40, P, Positif
(4) P, 52, L, Positif
(Rujukan lab dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen)

Jumlah Orang Dengan Pemantauan (ODP) di Kabupaten Kebumen


Hingga hari Rabu (29/4), jumlah ODP tercatat ada sebanyak 2.519 orang, dengan 2.190 orang diantaranya telah selesai pemantauan. Sedangkan sebanyak 329 orang masih dalam pemantauan.

Jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP)


Ada sebanyak 124 orang yang masuk kategori PDP. Dengan jumlah 11 orang meninggal dunia tanpa hasil lab, kemudian ada 32 orang diantaranya telah selesai pengawasan. Sedangkan PDP yang masih dalam pengawasan ada sebanyak 21 orang. Dan PDP dengan hasil lab negatif ada sebanyak 60 orang.  

Pada Rabu (29/4) PDP dengan hasil lab negatif, bertambah lagi sebanyak 20 orang pasien.

Dalam pencegahan Covid-19 di Kebumen, Sebanyak 275 Kendaraan diperiksa 


Pemeriksaan terpadu dan skrining kesehatan juga terus dilakukan pada pemudik atau pelintas di 6 titik perbatasan Kabupaten Kebumen (check point). Pemeriksaan tersebut diantaranya dengan mengukur suhu tubuh, pemeriksaan fisik, hingga memakaikan gelang pemudik sesuai warnanya.

Jika dalam pemeriksaan suhu tubuhnya berada di bawah 38 derajat Celcius, akan diberi gelang warna biru. Pemeriksaan telah dilakukan dengan jumlah  275 kendaraan, penumpang yang turun ada 479 orang. Dari pelaksanaan pemeriksaan skrining, dipakaikan gelang biru sebanyak 143 orang. Petugas pelaksana terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, Linmas, Komunitas radio ORARI/RAPI

Alokasi Dana bagi warga yang terdampak Covid-19


Pemkab Kebumen juga telah siap mengalokasikan anggaran dalam penanganan covid-19 untuk masyarakat yang terdampak, baik dari dana yang bersumber dari Pusat, Provinsi, Pemkab maupun Desa. 

Rapat dengan Badan Anggaran DPRD, hasilnya DPRD menyetujui alokasi dana penanganan Covid-19 yang diajukan oleh eksekutif. Hingga rapat koordinasi persiapan pelaksanaan program Jaring Pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak covid-19.

Melakukan pengambilan SWAB dan Memulangkan PDP dengan hasil Lab Negatif


RS Darurat Covid -19 melakukan pengambilan SWAB yang ke 2 pada 14 pasien yang hasil rapid testnya reaktif. Selain itu, sebanyak 14 pasien dengan hasil Lab negatif juga dipulangkan.

Pencegahan Covid-19 di lapangan juga terus dilakukan, Satpol PP, TNI dan Polri terus melakukan Patroli untuk mencegah adanya kerumunan masa dan yang lainnya 

Agar upaya-upaya penanganan Covid-19 berhasil, sangat tergantung pada keikutsertaan masyarakat di Kabupaten Kebumen. 


Kepada seluruh masyarakat Kebumen, senantiasa dihimbau agar 
(1) Sering mencuci tangan memakai sabun dengan air yang mengalir 
(2) Tetap tinggal di rumah saja, dengan menjaga jarak aman ketika berkomunikasi dengan yang lain
(3) Tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul dengan orang banyak 
(4) Jika harus keluar rumah, untuk selalu mengenakan masker 
(5) Tetap tenang dan jangan panik, selalu berdoa kepada Allah  
(6) Di pagi hari agar membuka pintu dan jendela serta tidak menggunakan AC ruangan, agar di dalam ruangan ada pergantian udara dan tidak lembab  
(7) Bagi pemudik untuk lapor RT/RW setempat dan melakukan karantina diri 14 hari, karena berisiko membawa Covid-19 meskipun tidak sakit, jika terjadi gejala saat proses karantina, segera lapor.

Data kasus virus Corona diperbarui setiap hari. Warga juga dapat mengakses situs Corona.kebumenkab.go.id untuk melihat perkembangan kasus virus Covid-19 di Kabupaten Kebumen. (BK02)

Baca berita terkait lainnya

BERITA TERBARU:

© Copyright 2009-2020 Berita Kebumen | All Right Reserved