-->

Tuesday, May 5, 2020

2 Orang Pasien Sembuh dan Bertambah 2 Orang Positif Covid-19, Salah satunya Seorang Dokter

2 Orang Pasien Sembuh dan Bertambah 2 Orang Positif Covid-19, Salah satunya Seorang Dokter

BERITAKEBUMEN.CO.ID - Pasien Positif Covid-19 yang berhasil sembuh merupakan sebuah kabar gembira untuk semuanya. Seperti pada Selasa (5/5) 2 orang pasien Positif Covid 19 diumumkan sembuh, setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Pasien sembuh tersebut adalah seorang pria (53) warga kecamatan Puring dan perempuan (34) warga kecamatan Karanganyar. Sehingga sampai dengan saat ini Pasien Positif Covid-19 yang sembuh menjadi 8 orang.

Namun, selain penambahan pasien yang sembuh, Kasus virus Corona di Kabupaten Kebumen juga  kembali mengalami penambahan, sampai saat ini sudah sebanyak 27 kasus. Sedangkan untuk Jumlah pasien yang sembuh Corona juga mengalami penambahan menjadi 8 orang dan meninggal ada 2 orang.

2 Orang Pasien Sembuh dan Bertambah 2 Orang Positif Covid-19, Salah satunya Seorang Dokter


Hal itu disampaikan langsung oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Kebumen Cokro Aminoto saat menggelar Jumpa Pers di Posko Penangggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen Selasa (5/5).

Penambahan Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen bertambah 2 orang


Terjadi penambahan sebanyak 2 orang yang Positif terpapar Covid-19. Dua orang tersebut merupakan warga di Kecamatan Kebumen seorang perempuan berinisial WH (52) yang juga merupakan seorang Dokter disalah satu rumah sakit di Kebumen, beliau mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19, saat ini pasien sudah dirawat di RS Darurat Covid-19 Kebumen dan pasien yang kedua dari Kecamatan Bonorowo, seorang perempuan berinisial I (21) mempunyai riwayat perjalanan dari Semarang, sekarang sudah di rawat RS PKU Muhammadiyah Gombong.

2 Orang Pasien Sembuh dan Bertambah 2 Orang Positif Covid-19, Salah satunya Seorang Dokter
corona.kebumenkab.go.id

"Dengan bertambahnya dua pasien tersebut, maka jumlah total Kasus Pasien Positif Covid-19 hingga saat ini tercatat menjadi 27 kasus orang pasien positif, 17 diantaranya dalam proses perawatan, 8 pasien sudah sembuh sebanyak 2 orang dan 2 orang meninggal dunia", ungkap Cokro Aminoto selaku Juru Bicara Gugus Tugas Kebumen di Posko Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen Selasa (5/5).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen yang sekaligus sebagai Humas Gugus Tugas Kusbiyantoro menyampaikan bahwa Pasien I merupakan salah satu mahasiswi di salah satu Universitas di Semarang. Pihaknya pulang ke Kebumen beberapa waktu yang lalu. Kemudian ia merasa adanya gejala sakit dan periksa di Puskesmas. Karena habis perjalanan dari daerah zona merah, kemudian dilaksanakan rapid test dengan hasil reaktif. Selanjutnya diaksanakan swab dan hasilnya pun positif. Sedangkan untuk WH, tertular saat sedang menangani pasien yang sedang sakit.

‘’Untuk pasien berinisial I sebelumnya pernah melakukan perjalanan dari Semarang. Sedangkan Pasien WH memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19,’’ terangnya.

Jumlah Orang Dengan Pemantauan (ODP) dan Jumlah Pasien Dalam Pantauan (PDP) di Kebumen


Adapun Orang Dengan Pemantauan (ODP) hingga hari ini tercatat ada sebanyak 2.606 orang, 2.363 orang diantaranya telah selesai pemantauan, sedangkan 243 orang masih dalam pemantauan.

Selanjutnya untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga saat ini tercatat 143 orang, sebanyak 13 orang meninggal dunia tanpa hasil lab, dan 32 orang diantaranya telah selesai pengawasan. Sedangkan PDP yang masih dalam pengawasan ada sebanyak 18 orang dan PDP dengan hasil lab negatif sebanyak 73 orang.

Pendatang yang ke Wilayah Kabupaten Kebumen, saat ini total pendatang ada sekitar 62.356 orang 

Masyarakat dihimbau untuk Tetap Tenang dan Mengikuti Anjuran Pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Kebumen


Dengan semakin bertambahnya kasus tersebut, kepada masyarakat dihimbau untuk terus mengikuti anjuran pemerintah. Salah satunya adalah dengan sering mencuci tangan memakai sabun di air yangmengalir. 

Tetap tinggal di rumah saja jika tidak ada urusan yang mendesak, dengan menjaga jarak aman ketika berkomunikasi dengan orang lain. Tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul dengan orang banyak, dan selalu menggunakan masker saat keluar rumah.

Untuk itu masyarakat juga diminta tetap tenang dan tidak panik, serta senantiasa berdoa. Setiap pagi hari agar membuka pintu dan jendela, serta untuk tidak menggunakan AC ruangan, agar di dalam ruangan ada pergantian udara dan tidak lembab. 

Sedangkan bagi para pemudik untuk lapor RT/RW setempat dan dengan kesadaran diri untuk melakukan karantina diri, karena bisa berisiko membawa Covid-19 meskipun tidak sakit.

Pemkab Kebumen melalui Gugus Tugas terus menjaga wilayah Perbatasan dan juga Membuat Dapur Umum


Sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran corona di Kabupaten Kebumen, hingga kini Pemkab Kebumen melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 juga terus melakukan pemeriksaan terpadu dan skrining kesehatan bagi pemudik atau pelintas di 6 titik (chekpoint) perbatasan Kabupaten Kebumen, termasuk berbagai pendekatan sosialisasi  ke masyarakat termasuk melibatkan tokoh agama, TNI dan Polri. 

Hari ini juga  telah diperiksa 204 kendaraan, dengan penumpang turun di Kebumen sebanyak 64 orang

Selain itu, menyusun berbagai kebijakan APBD untuk mengantisipasi dan menangani Covid-19. Hari ini Gugus Tugas menyelenggarakan rapat koordinasi untuk melakukan evaluasi perkembangan kasus Covid-19 dan berbagai kebijakan penanganan kasus di lapangan. 

Diantaranya akan memperketat pelaksanaan phisical distancing dan penggunaan masker di pasar pagi dan Pasar Tumenggungan.

Kegiatan dapur umum ini melibatkan unsur TNI, Polri, BPBD, PMI,  UBALOKA, HMI Cabang Kebumen serta Relawan. Kendati demikian, upaya pemerintah tersebut tidak bisa terwujud tanpa adanya peran serta dari masyarakat agar virus corona (Covid-19) bisa dicegah.


Sumber: corona.kebumenkab.go.id

Baca berita terkait lainnya

BERITA TERBARU:

© Copyright 2009-2020 Berita Kebumen | All Right Reserved