Wow! Desa Ninja Satu-satunya di Dunia Selain di Jepang, Ada di Kebumen.

Suasana Desa Ninja di Karangpule, Sruweng. (Istimewa)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Mendengar kata Ninja, pikiran kita umumnya langsung tertuju pada Negeri Sakura, Jepang. Namun kini, bagi anda yang ingin menikmati nuansa Desa Ninja tak perlu jauh-jaun pergi ke Jepang.

Desa Ninja kini telah ada di Kebumen, teptnya di Dukuh Bakung RT 3 RW 1 Desa Karangpule Kecamatan Sruweng yang menyuguhkan pernak pernik bernuansa pedesaan Jepang.

Dengan tiket Rp 10 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa bermain dan belajar budaya Jepang. Di Desa Ninja tersebut terdapat pula Pohon Sakura, pohon harapan, area bermain ninja, lampion, serta desediakan baju kimono dari Jepang yang bisa disewa pengunjung yang ingin berswafoto.

Menurut Kepala Desa Karangpule, Qurotun Ngaeniyah, wisata Desa Ninja merupakan wisata desa pertama di Desa Karangpule. Dirinya juga mengklaim Desa Ninja ini merupakan satu-satunya Desa Ninja di dunia yang berada di luar Jepang.

“Desa Ninja ini pertama ada di Indonesia bahkan dunia. Tentunya selain di Negara Jepang,” tuturnya, baru-baru ini. 

Pihaknya mendukung penuh adanya desa wisata tersebut. Selain bisa menambah potensi desa, juga dapat memberdayakan masyarakat sekitar. Sehingga diharapkan ke depan Desa Karangpule bisa semakin maju dan sejahera. 

“Semoga dengan adanya Desa Ninja mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar,” imbuhnya. 

Sementara itu Owner Desa Ninja Sri Banowati menjelaskan wisata tersebut dibangun di lahan pribadi milik keluarganya. Ini dengan luas sekitar 1200 meter persegi. 

Berawal dari dirinya berkunjung ke Propinsi Shiga di Jepang dan melihat Desa Ninja disana. Pihaknya pun berkeinginan menghadirkan nuansa tersebut di tanah leluhurnya yaitu di Desa Karangpule. 

“Gubernur dan warga Shiga juga mendukung keinginannya tersebut. Keinginan saya untuk membuat Desa Ninja di Indonesia ternyata juga didukung gubernur Shiga dan masyarakat di sana,” paparnya.

Pihaknya juga menuturkan, meski kini ini masih dalam proses pembangunan, Desa Ninja sudah dibuka untuk umum. Dalam pengembanganya Sri Banowati yang juga Owner Small World Purwokerto bakal memberdayakan masyarakat sekitar termasuk UMKM yang ada di desa setempat.


Previous Post Next Post