Penataan Pengembangan Koridor Jalan Satu Arah Dimulai Tahun Ini. Butuh Biaya Milyaran Rupiah


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Pemerintah Kabupaten Kebumen akan mulai melakukan penataan pengembangan koridor jalan satu arah tahun ini. Program tersebut masuk dalam pengembangan kawasan perkotaan. Untuk merealisasikannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena pemerintah harus membuat drainase dengan pengerukan jalan, kemudian perbaikan aspal, serta lampu jalan.

"Sebenarnya itu adalah penataan kota yang sudah ada sebelumnya. Jadi bukan untuk buat jalannya saja. Tapi di situ pembuatan drainase, ada pengerukan, trotoar, kemudian pengaspalan, dan lampu," ujar Bupati Kebumen Arif Sugiyanto usai shalat Tarawih bersama di Masjid At Taqwa, Karangsari, Kebumen,  Minggu (3/4).

Penataan koridor jalan satu arah disebut memang membutuhkan biaya miliaran rupiah. Wilayah jalan satu arah nantinya akan dikembangkan agar lebih hidup lagi setelah penataan selesai.

"Namanya pengembangan memang butuh cost yang besar, karena nanti akan kita hadirkan pedagang di situ, kita buat car free day di situ. Pembuatan drainase di wilayah kota tahun ini sudah akan dimulai," jelasnya.

Pekerjaan akan segara dilakukan karena saat musim hujan tiba di kota Kebumen masih banyak terjadi genangan air. Untuk itu perlu segera pembuatan drainase agar aliran air lancar.

"Di Tugu Lawet saja kalau hujan bisa buat kolam lele. Wilayah kota memang perlu secepatnya dibuat drainase," jelasnya.

Adapun untuk jalan-jalan rusak lain di beberapa wilayah Kebumen, Bupati menyatakan pembangunan dilakukan secara bertahap, lantaran keterbatasan anggaran. Namun, tahun ini beberapa ruas jalan yang rusak akan segera dibangun.

"Kalau perbaikan jalan itu bertahap, pembangunan tiap tahun terus berjalan, dan ini sudah masuk proses lelang. Kita juga ingin secepatnya dibangun dengan mengedepankan sekala prioritas," tuturnya.

Diketahui, dalam puasa Ramadhan ini, Bupati kembali melakukan shalat tarawih dan silaturahmi bersama dengan warga masyarakat di desa-desa. Selain untuk serap aspirasi, pada kesempatan itu juga dibagikan 100 paket sembako untuk masyarakat. 
(bk/kbmkab)
Previous Post Next Post