Rumah Warga Buayan Ludes Kebakaran. Diduga Akibat Arus Pendek

Rumah ludes terbakar. (Foto: Damkar Kebumen/fb)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Musibah kebakaran menimpa salah satu warga di Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Rumah Latif Hidayatulloh (49) warga RT 02 RW 02 Desa Tugu Kecamatan Buayan  ludes terbakar, Selasa (05/7/2022). Penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek listrik.


Peristiwa kebakaran pertama diketahui saksi Kartinah yang  mendengar suara letusan berkali kali, sekira Pukul 11.00 WIB. Ia kemudian lari menuju sumber suara, dan melihat api sudah berkobar di bagian atas rumah milik Latif.

"Kemudian ia meminta bantuan warga sekitar, namun tidak berbuat apa apa karena tidak ada sumber air. Akhirnya ia memberitahukan ke pemerintah Desa Tugu kemudian kepala Desa Tugu telpon ke kami," ujar Kapolsek Buayan IPTU Sucipto, SH.

IPTU Sucipto menambahkan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.00 wib. Sedangkan Rumah korban terbuat dari kayu dengan ukuran 6X8 meter dan atap genteng serta asbes.

Meski tak ada korban jiwa, namun akibat kejadian korban mengalami kerugian sekitar mencapai Rp 30.000.000. Sumber api diduga berasal dari arus pendek listrik.

"Kami sudah mendatangi TKP dan mendata  identitas korban serta saksi-saksi. Kemudian mencatat kerugian material dan dugaan sementara penyebabnya karna arus pendek listrik," terangnya.

Musibah kebakaran kerap terjadi akibat konsleting arus pendek listrik. Pemasangan instalasi listrik yang baik dapat mencegah terjadinya konslet. Mematikan listrik dan mencabut peralatan elektronik sebaiknya dilakukan saat kita meninggalkan rumah, terlebih jika pergi dalam waktu yang lama.
(bk/k24)

Previous Post Next Post