Sebanyak 127 Ton Sampah Terkumpul Selama KIE Berlangsung

Petugas kebersihan membersihkan lokasi KIE. (Foto: bk/erni)

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Gelaran Kebumen International Expo (KIE) telah usai. Ribuan hingga puluhan ribu pengunjung datang ke KIE setiap harinya. Selain membawa berkah, kehadiran pengunjung dan aktifitas selama kie berlangsung juga menghasilkan sampah.

Menurut catatan Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan (DLHKP) Kabupaten Kebumen melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Air Limbah dan Sampah (PALS) Wilayah Timur, total sampah yang dikumpulkan selama gelaran Gelaran Kebumen International Expo (KIE) mencapai 127 Ton. Ini meliputi dari sampah plastik dan sampah jenis lainya.

Hal itu disampaikan Kepala UPTD Pals Wil Timur DLHKP Kebumen Ir. Dani Fitriyadi, ST, M.Ling, usai membersihkan sampah si Alun alun Kebumen, Minggu 3 Juli 2022, kemarin. Menurutnya, sampah yang ditimbulkan dari gelaran KIE menunjukan suksesnya acara karna banyak pengunjung.

"Alhamdulilah KIE berjalan lancar dan sampah sampah bisa kami bersihkan semua, kami kerahkan petugas selama 24 jam untuk membersihkan sampah, dan hasilnya ada sekitar 127 ton kami kumpulkan," ucap Dani.

Dani mejelaskan, untuk mendukung suksesnya KIE, setidaknya ada 57 petugas setiap hari yang kerahkan selama 24 jam. 

Ini melibatkan 3 unsur dari UPTD PALS Wil Timur, Barat dan Pertamanan DLHKP Kebumen. Untuk pelaksanaan dibagi menjadi 3 shift, dengan sasaran kebersihan yaitu didalam maupun diluar Stand. Termasuk juga membagikan Trasbak atau kantong plastik di setiap masing masing stand.

Posko Kebersihan bertempat di depan Toilet, dan Titik kumpul sampah di Depan SDN 1 Kutosari. Disamping sebagai pelaksana kebersihan sampah, juga melakukan  edukasi kepada pengunjung KIE guna membuang sampah pada tempatnya.

Seperti diketahui bersama, Gelaran Kebumen International Expo (KIE) di Alun-alun Kebumen, JAwa Tengah berlangsung sejak 25 Juni – 2 Juli 2022. Ada sekitar 500 stand expo yang diikuti pelaku UMKM lokal maupun dari berbagai daerah di luar Kebumen.

KIE berlangsung lancar dan sukses. Ditutup dengan Closing Ceremony Sabtu 2 Juli 2022 malam dengan penampilan musisi legendaris Iwan Fals dan pesta kembang api.

Iwan Fals menjadi artis penutup di gelaran KIE, setelah sebelumnya selama satu minggu full menghadirkan musisi papan atas, yakni Gigi, Shalawatan Gus Azmi, Rhoma Irama D’masiv, Padi, Kotak, dan Kerispatih. (bk/mat)
Previous Post Next Post