MenKopUKM Sebut, Banyak Pelaku UMKM Berpendidikan Rendah dan Tidak Familiar Teknologi

Pelaku UMKM. (Foto: BK)

NASIONAL, beritakebumen.co.id - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki menyebutkan, banyak pelaku UMKM belum masuk ke ekosistem digital. Teten menekankan, pelaku UMKM penting untuk masuk ke ekosistem digital. 

"UMKM kita (Indonesia) masih banyak yang belum terhubung di ekosistem digital. Banyak pendidikan rendah yang tak familiar dengan teknologi," kata Teten dalam sambutan acara Indonesia Digital Meetup 2022 di Gedung Smesco Indonesia, Kamis (1/9/2022) siang. 

Teten tak menyebutkan, berapa jumlah pelaku UMKM yang belum terhubung ekosistem digital.

Presiden Joko Widodo sendiri dalam Sidang Tahunan MPR menargetkan jumlah UMKM yang masuk ekosistem digital dapat meningkat menjadi 30 juta UMKM pada 2024. Presiden Jokowi menyebutkan, 19 juta pelaku UMKM sudah masuk ke dalam ekosistem digital. Ia menekankan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus terus didukung agar bisa segera naik kelas. 

"Indonesia itu negara UMKM. Karena ekonomi Indonesia, 99,9 itu UMKM. Jadi yang usaha yang besar itu cuma 0,01 persen. Dan 97 persen lapangan kerja disediakan oleh sektor mikro," lanjutnya. 

Teten menyebutkan, KemenKopUKM membutuhkan bantuan dari para internet marketer terkait optimalisasi ekosistem digital. Bantuan yang dimaksud adalah pasokan data dan dukungan untuk menjual produk lokal.  

"Kalau para jagoan di internet ini saling mendukung, ekonomi kita bisa luar biasa. Temen-teman internet marketer ini bantu jual produk lokal, produk bangsa kita sendiri. Bisa jualan di medsos, marketplace," kata Teten. 

"Kami juga butuh dibuatkan aplikasi untuk menangkap demand, bukan hanya jenis produk tapi juga harganya," kata MenKopUKM. Teten mengakui, UMKM masih membutuhkan inovasi seperti aplikasi yang menunjang dalam mempromosikan produknya. 

Terbukti saat pandemi, KemenKopUKM sukses menyelenggarakan Pahlawan Digital Award yang menjaring 30 pengembang aplikasi baru, inovasi anak muda yang sangat membantu UMKM jualan secara online.

"Target kami, sekecil apapun produk UMKM harus bisa dijual secara online dan masuk ke ekosistem digital," kata Teten.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Teten Masduki: Banyak Pelaku UMKM Pendidikan Rendah dan Tak Familiar Teknologi"

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post