Pemerintah Mulai Tebar Bansos BLT 600 Ribu, Siapa Saja yang Dapat?

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) untuk pertama kalinya di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Rabu, 31 Agustus 2022. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

NASIONAL, beritakebumen.co.id -  Pemerintah telah mempersiapkan dana bantuan sosial (Bansos) yang jumlahnya mencapai Rp 24,17 Triliun. Sebagian dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 12,4 triliun. 

Bansos ini akan diberikan bagi masyarakat kelas bawah untuk meredam efek kenaikan harga energi atau bentuk pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Penyalurannya akan dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama sebesar Rp 300.000 dan jumlah yang sama pada tahap kedua. Dengan demikian, dana yang akan diterima oleh keluarga penerima manfaat BLT adalah Rp 600.000.

Adapun penerima BLT BBM adalah 20,65 juta kelompok keluarga yang sudah masuk dalam klasifikasi pemerintah. Penerima BLT BBM tidak perlu repot-repot mengecek sana sini untuk mengetahui apakah mereka mendapatkan bantuan atau tidak. Bansos akan langsung dikirim melalui PT Pos Indonesia (Persero).

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi saat mendampingi Jokowi beberapa waktu lalu menyatakan kesiapannya untuk mengemban amanah sekaligus tugas negara ini. Koordinasi mengenai data penerima manfaat dengan Kementerian Sosial akan diintensifkan sehingga data 20,6 juta orang bisa segera diperoleh.

"Data penerima secara bertahap akan kami terima. Saat ini data yang masuk sudah ada 1,5 juta orang dan kami langsung mengirimkan undangan ke alamat masing-masing dengan keterangan jadwal dan lokasi pengambilan BLT BBM," ujar Faizal, dalam keterangan resmi, seperti dkutip Jumat (2/9/2022).

Ia menambahkan, penyaluran bantuan tersebut akan dilakukan dengan tiga cara. Pertama, mengambilnya di kantor pos terdekat bagi penerima manfaat yang berdomisili dalam radius sekitar 500 meter dari kantor pos.

Kedua, menyalurkan melalui komunitas, seperti RT/RW, kelurahan dan kecamatan. Ketiga, diantar langsung ke setiap rumah bagi kalangan disabilitas, orang tua, dan warga yang bermukim di wilayah 3 T (Terdepan, Tertinggal, Terluar).

"Kami targetkan dalam dua minggu semua penerima manfaat BLT BBM akan menerima haknya. Oleh karena itu, kami juga akan meningkatkan kerja sama dengan pihak luar, seperti merekrut mahasiswa dan masyarakat sebagai tenaga juru bayar," katanya.

Jokowi Mulai Membagi BLT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi kembali memulai agenda kegiatan kunjungan kerjanya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Jumat (2/9/2022).
Jokowi akan mengawali agenda kunjungan kerjanya dengan menyapa para pedagang sekaligus menyerahkan bantuan sosial kepada para penerima manfaat di Pasar Olilit. Bansos yang akan diberikan adalah BLT BBM.

"Selain itu, Presiden juga akan menyerahkan bantuan sosial berupa BLT bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat di Kantor Pos Saumlaki," tulis keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Pada Selasa, (31/8/2022), Jokowi sendiri menjadi orang pertama yang memulai penyaluran bansos BLT. Penyaluran bansos BLT sudah dilakukan secara serentak melalui kantor PT Pos Indonesia.

(mt/cnbcindonesia)
-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post