1486 Warga di 5 Kecamatan Miskin Ekstrem di Kebumen Dapat BLT


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Sebanyak 1486 warga di lima kecamatan ekstrem di Kebumen, yakni Sempor, Sadang, Karangsambung, Karanggayam, dan Alian mendapat bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 300 ribu per orang. Bantuan tersebut diberikan dalam rangka menekan tingkat inflansi.

Penyerahan virtual account BLT untuk masyarakat di Kecamatan Sempor, dilakukan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Kantor Balai Desa Kalibeji, Sempor, Selasa( 20/12).

"Hari ini BLT kita berikan secara serentak di lima kecamatan yang masuk dalam wilayah kemiskinan ekstrem. Total jumlahnya ada 1486 orang penerima manfaat, masing-masing dari mereka mendapat bantuan Rp300 ribu," ujar Bupati di lokasi.

Pemerintah memberikan virtual account kepada penerima manfaat untuk digunakan dalam pengambilan uang melalui layanan dari petugas Bank Jateng yang sudah ada di lokasi.

"Jadi masyarakat tidak harus datang ke bank, langsung bisa diambil di sini," tuturnya.

Bupati menyebut total anggaran yang disiapkan dalam pemberian BLT di lima kecamatan ini adalah Rp 445.800.000. Dalam rangka pengendalian inflansi, pemerintah kata Bupati juga telah memberikan bansos kepada nelayan dan supir angkutan desa berupa subsidi BBM.

"Kemarin juga sudah kita berikan subsidi BBM untuk 437 nelayan, masing-masing mendapat 103 liter BBM jenis Pertalite, dan juga untuk supir angkot ada 173 armada yang kita berikan subsidi BBM, ada mendapat 145 liter untuk armada yang 12 seat, dan armada 16 Seat mendapat 305 liter," tuturnya.

Tak hanya itu, pemerintah juga melaksanakan program padat karya dalam menekan angka inflansi ini. Sesuai amanat pemerintah pusat, pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp6,4 miliar untuk penanganan inflansi, dengan sejumlah bantuan yang diberikan. 
(mat/kab)
-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post